Teknologi

Kamu Kerap Merasa Gatal? Waspada.. Bisa Jadi Gejala Diabetes

Aisyah Isyana - 30/11/2019 03:33

Beritacenter.COM - Rasa gatal di kulit kerap kali di kaitkan dengan alergi hingga penyakit kulit lainnya. Meski begitu, siapa yang akan menyangka jika rasa gatal di kulit merupakan indikasi dari terjangkitnya diabetes.

Para penderita diabetes akan cenderung lebih sering mengalami kulit gatal. Namun, gatal yang persisten ini dapat menimbulkan rasa tak nyaman hingga rasa ingin terus menggaruk yang akan memicu infeksi hingga rasa sakit.

Rasa gatal itu merupakan gejalan yang muncul pada penderita diabetes polineuropati. Parahnya, kondisi ini dapat teris berkembang menjadi kerusakan syaraf.

Adapun penyebab gatal yang berhubungan dengan diabetes adalah diabetes polineuropati atau neuropati perifer. Kondisi ini merupakan komplikasi diabetes yang berkembang saat kadar glukosa darah tinggi menyebabkan kerusakan serat saraf, terutama dibagian kaki dan tangan.

Biasanya, tingginya tingkat sitokin yang beredar di seluruh tubuh akan terjadi sebelum kerusakan saraf mulai terjadi pada penderita diabetes. Adapun hal itu adalah zat peradangan yang dapat menyebabkan gatal di tubuh.

Sebagaiamana dilansir di laman Medical News Today, penelitian terbaru menunjukkan bahwa peningkatan sitokin berkaitan dengan kerusakan saraf diabetes. Rasa gatal yang terus menerus terkadang dapat mengindikasi jika seseorang dengan diabetes beresiko mengalami kerusakan saraf karena meningkatkan kadar sitokin.

Namun, banyak juga orang yang mengalami gatal-gatal sebagai gejala setelah neuropati berkembang. Penderita diabetes juga dapat mengalami komplikasi, termasuk gagal ginjal atau hati, yang juga dapat menyebabkan gatal.

Biasanya, gatal-gatal yang terjadi lebih kepada bagian bawah kaki, tanganm hingga betis. Produk kulit yang mengandung parfum, pewarna, dan sabun yang kuat dapat mengeringkan kulit, juga bisa menyebabkan rasa gatal.

TAG TERKAIT :
Kesehatan Diabetes Gatal Komplikasi Diabetes Diabetes polineuropati

Berita Lainnya