Kriminal

Ruko Pabrik HP Abal-abal Digerebek Polisi

Indah Pratiwi - 03/12/2019 01:10

Beritacenter.COM - Polres Jakarta Utara melakukan penggerebekan di sebuah komplek ruko yang berada di wilayah penjaringan Jakarta Utara, Diketahui, pabrikan HP ilegal itu telah beroperasi selama 2 tahun yang telah merugikan negara.

Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto menyebutkan, penggerebekan itu bermula dari informasi masyarakat tentang adanya bongkar muat HP yang cukup aktif di sebuah ruko yang dijadikan pabrik HP ilegal.

“Setelah kami cek teryata tak ada perizinannya,” kata Budh, Senin(2/12/2019).

Selain itu, polisi berhasil meringkus pemilik berinsial NG di Pontianak, Kalimantan Barat. NG ditetapkan sebagai tersangka lantaran menyalahi perizinan awal peruntukkan ruko. “Jadi izin usahanya izin perdagangan aksesoris,” ucap Budhi.

Bukan itu saja, ia mengimpor suku cadang HP dari Cihna untuk selanjutnya dirakit dalam ruko. HP yang sudah jadi kemudian dipasarkan di Indonesia tanpa izin postel.

“Tersangka ini memang mempekerjakan orang yang punya keahlian tertentu dalam hal telekomunikasi. Sebagai contoh, ada yang mensolder, ada yang membetulkan kabel, dan seterusnya,” jelas Budhi. NG mempekerjakan pegawainya selama enam hari dalam seminggu. Para pegawai juga digaji dengan upah yang di bawah rata-rata, yakni sekitar Rp1,6 juta per bulan. (Gaji) sebulan Rp800 ribu. Plus uang makan dan seterusnya kurang lebih total take home pay Rp1,6 juta,” kata Kapolres.

“Kami juga mengamankan 76 jenis HP. Kemudian kalau dari jumlahnya, sekitar 18.000 unit HP yang sebagian besar memang sudah siap untuk diedarkan,” tandas Kombes Budhi.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya