Nasional

Dirut Garuda Dicopot, Momentum Erick Thohir Benahi BUMN

Lukman Salasi - 06/12/2019 12:07

BeritaCenter.COM – Direktur Utama PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara dicopot oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Penyebabnya gara-gara dugaan penyelundupan Harley Davidson dan sepeda lipat Brompton di pesawat Garuda.

Pencopotan Dirut Garuda dinilai PKB jadi momentum yang tepat bagi Erick Thohir untuk membenahi BUMN.

"Yang dilakukan Pak Erick sudah benar, karena ini menyangkut integritas seseorang. Saya pikir Dirut itu tidak memberi contoh yang baik sebagai pejabat. Garuda butuh reformasi serius," kata Ketua DPP PKB, Marwan Ja'far, kepada wartawan, Jumat (6/12/2019).

Marwan yang merupakan anggota Komisi VI DPR yang bermitra kerja dengan BUMN ini menilai Garuda perlu dibenahi karena dia menilai BUMN itu belum menuai kenaikan finansial secara signifikan. Saat inilah momentumnya, diawali penemuan Harley dan Brompton di pesawat.

"Ini adalah momentum tepat untuk mengubah dan membenahi kinerja seluruh perusahaan," kata Marwan.

Dia berharap Garuda bisa bersaing namun digdaya di hadapan maskapai-maskapai internasional. Dia berharap aksi ketegasan Erick tidak berhenti di Garuda.

"Ketegasan terhadap Garuda perlu diikuti dengan ketegasan terhadap BUMN lain yang merugi terus, yang utangnya banyak menumpuk. Kita harus sadar bahwa banyak perusahaan BUMN yang nilai finansialnya negatif, ada 142 BUMN yang merugi dan disubsidi terus," tuturnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Erick Thohir Menteri BUMN Dirut Garuda Indonesia Dirut Garuda Dicopot

Berita Lainnya