Nasional

Staf Khusus BPIP : Nilai-nilai Pancasila Tidak Ada Yang Bertentangan Dengan HAM

Indah Pratiwi Budi - 09/12/2019 10:58
FOKUS : Pancasila

Beritacenter.COM - Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Romo Antonius Benny Susetyo menjelaskan, bahwa nilai-nilai Pancasila tidak ada satupun yang bertentangan dengan HAM, sebaliknya justru menguatkan.

“Nilai-nilai Pancasila tidak ada yang bertentangan dengan HAM. Justru yang ada nilai Pancasila itu menguatkan HAM,” katanya dalam Seminar Nasional dengan Tema Debating the Future of Human Rights dalam pagelaran Festival Akademik Peringatan Hari HAM se-Dunia ke-71, yang digelar di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya , Malang, Jawa Timur (7/12/2019).

Benny mengatakan, salah satu ancaman HAM yang sekarang ini terjadi adalah efek negatif dari kemajuan teknologi yang disalahgunakan tanpa ada literasi yang cukup untuk masyarakat. Sehingga hal ini menimbulkan hoaks yang berdampak pada perpecahan dan penindasan martabat manusia.

“Kemajuan teknologi dan penggunaan sosial media yang salah karena kurangnya literasi dan edukasi masyarakat menimbulkan perpecahan dan penghancuran martabat manusia,” tegasnya.

Lebih jauh kata dia, dalam UUD 45 jelas hak azasi tercantumkan pada Pasal 28 ,29 ,35. Pasal itu mengatur jaminan hak dasar berserikat, pendapat, perlindungan terhadap mereka yang miskin. Juga dalam pasal 31 yang mengatur tata ekonomi melindungi kepentingan umum.

TAG TERKAIT :
Pancasila Badan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP Rocky Sebut Pancasila Ideologi Ngaco Pancasila Ideologi Bangsa

Berita Lainnya