News

Sabet Penghargaan Terbanyak, Kemenkeu Jadi Kementerian Terbaik Zona Integritas

Aisyah Isyana - 10/12/2019 16:37

Beritacenter.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjadi kementerian terbaik, setelah menyabet penghargaan Apresiasi Penganugerahan Zona Integritas terbanyak dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

"Paling besar (dapat penghargaan) Kementerian Keuangan sampai di tingkat bawah. Kemudian Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan, Kepolisian, Mahkamah Agung," kata MenPAN-RB Tjahjo Kumolo usai acara pemberian penghargaan di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019).

Dalam acara itu, Kementerian Keuangan tercatat menyabet sebanyak 149 unit penghargaan. Penghargaan-penghargaan itu, jelas Tjahjo, diberikan atas pelayanan serta respon cepat Kemenkeu dalam menanggapi laporan masyarakat.

"Pengaduan yang cepat tanggap, cepat direspons, cepat ditindaklanjuti. Berbagai keluhan masyarakat harus cepat ditindaklanjuti dengan berbagai perbaikan," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Tjahjo mengimabu agar kementerian serta lembaga lainnya dapat terus berinovasi guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. "Instansi pemerintah harus mengambil langkah-langkah untuk memuaskan masyarakat," ujarnya.

Tjahjo juga meminta instansi lainnya untuk tak malu untuk meniru instansi lain yang sudah baik dan menerima banyak penghargaan. Tjahjo menyebut penghargaan bukan ajang kompetisi, tapi sarana untuk semakin baik dalam melayani masyarakat.

"Meraih penghargaan tentunya merupakan kebanggaan dan harus menjadi legacy. Ke depannya diharapkan selalu lahir top pengelolaan pengaduan pelayanan publik walau pun bukan lewat kompetisi. Tidak usah malu untuk meniru dan mereplikasi upaya instansi yang telah baik," jelas Tjahjo.

Adapun daftar penerima penghargaan Zona Integritas, yakni sebagai berikut :

Kementerian Keuangan 149 unit penghargaan

Ketua Mahkamah Agung 62 unit penghargaan

Kejaksaan Agung 55 Unit Penghargaan

Kementerian Hukum dan HAM 43 unit penghargaan

Polri 41 unit penghargaan

Kementerian Perhubungan 12 unit penghargaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 10 Unit penghargaan

Kementerian Luar Negeri 8 Unit penghargaan

Kementerian Agraria dan Tata Ruang 7 unit penghargaan

BPOM 7 Unit penghargaan

Kementerian Industri dengan 6 Unit penghargaan

Kementerian Agama dengan 5 unit penghargaan

Letjen Terawan Agus Putranto sebagai agen pelopor membangun unit kerja di RSPAD Gatot Soebroto

Kepala daerah yang mampu mendorong pembangunan zona integritas:

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 5 Penghargaan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 6 Penghargaan

TAG TERKAIT :
Tjahjo Kumolo Kemenkeu Sri Mulyani KemenPAN-RB Penghargaan Kementerian Zona Integritas Bebas Korupsi

Berita Lainnya