News

Resahkan Warga, Polisi Amankan Belasan Satwa Dilindungi dari Rumah Warga di Pasuruan

Aisyah Isyana - 12/12/2019 15:11

Beritacenter.COM - Belasan satwa dilindungi diamankan polisi dari rumah warga di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Polisi mengamankan satwa-satwa dilindungi itu dari pelaku bernama Sugik Yono (58).

"Yang lagi kita cari ini asal dia dapat dari mana," kata Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Adrian Wimbarda kepada wartawan, Kamis (12/12/2019).

Adapun satwa-satwa yang dilindungi itu terdiri dari satwa hidup dan yang sudah diawetkan. Satwa hidup diantaranya, empat buaya kaiman, tiga kakatua jambul kuning, seekor kakatua maluku, seekor burung nuri kepala hitam dan seekor kukang. Sementara satwa mati yang sudah diawetkan yakni, seekor trenggiling, seekor buaya anakan, dua ekor berang-berang dan tengkorak rusa hingga kura-kura.

"Berdasarkan pengakuan tersangka, satwa-satwa tersebut dikasih orang. Kami sudah kantongi nama-namanya. Kita akan datangkan orang-orangnya untuk pemeriksaan lanjutan," terangnya.

Adrian menduga satwa-satwa dilindungi itu didapat dari pasar gelap. Kepada polisi, tersangka mengaku satwa-satwa itu bukan untuk diperjualbelikan, namun untuk dipeliharan dan koleksi pribadi. Polisi masih akan mendalami pengakuan tersangka dan keterangan pihak-pihak yang memberi satwa-satwa yang dilindungi itu.

"Pengakuan dia (tersangka) masih sama, hanya dipelihara. Meski dipelihara, tetap melanggar undang-undang," terang Adrian.

Untuk diketahui, petugas mengamankan belasan satwa dilindungi di rumah Sugik Yono, warga Dusun Jatianom, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan pada Kamis (5/12). Tak hanya mengamankan satwa, polisi juga menetapkan pemilik sebagai tersangka.

Petugas melakukan penggerebekan di rumah tersangka setelah mendapat laporan dari warga setempat. Masyarakat setempat resah lantaran pelaku memelihara buaya dalam ukuran besar.

TAG TERKAIT :
Satwa Dilindungi Polres Pasuruan Warga Pasuruan Koleksi Satwa Dilindungi

Berita Lainnya