Nasional

Polda Metro Jaya Ajak Seluruh Ormas Amankan Nataru di Jakarta

Baharuddin Kamal - 18/12/2019 17:21

Beritacenter.COM - Polda Metro Jaya mengajak seluruh organisasi masyarakat (Ormas) untuk ikut mengamankan kegiatan natal dan tahun baru 2020 (Nataru).

"Pihak Polda Metro Jaya juga telah berkoodinasi dengan berbagai organisasi masyarakat (ormas), salah satunya Barisan Ansor Serbaguna (Banser)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (18/12/2019).

Yusri menjelaskan, jumlah gereja di wilayah Jakarta dan sekitarnya ada 1.559 yang diamankan polisi. Dari gereja-gereja itu ada beberapa diantaranya yang menjadi prioritas karena banyaknya jemaat dan lokasinya berdekatan dengan tempat ibadah agama lain.

"Ada 57 gereja yang mendapat skala prioritas pengamanan. Salah satunya karena berdekatan dengan tempat ibadah lainnya," imbuh Yusri.

Polda Metro Jaya juga telah menerjunkan 8.196 personel untuk melakukan pengamanan. Tak hanya di gereja, sejumlah polisi juga disiagakan di tempat-tempat rawan.

"Anggota sudah siap, ada 95 pos pengamanan (Pospam) baik di Jakarta maupun di sekitaran Jakarta," imbuh Yusri.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, pihaknya tengah melakukan Operasi Lilin Jaya 2019 yang melibatkan puluhan ribu personel. personel tersebut dikerahkan untuk mengamankan kegiatan natal dan perayaan tahun baru.

"Karena operasi ini operasi kemanusiaan yaitu Operasi Lilin Jaya 2019, kita sudah menyiapkan lebih kurang 10.000 personil untuk mengamankan seluruh wilayah yang ada di DKI Jakarta sekitarnya ini," kata Irjen Gatot di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (16/12/2019).

Polda Metro Jaya juga telah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait untuk menghadapi natal dan tahun baru. Polisi tidak hanya menempatkan pengamanan di gereja-gereja, tetapi juga tempat wisata hingga tempat-tempat mudik.

TAG TERKAIT :
Polda Metro Jaya Jakarta Ormas Berita Center Organisasi Masyarakat Nataru Keamanan Natal dan Tahun Baru

Berita Lainnya