Opini

Mau Tahu Salah Anies dimana Soal Banjir Awal 2020?

Indah Pratiwi Budi - 03/01/2020 19:25

Ada yang bilang siapa pun yang jadi gubernur, dengan curah hujan ekstrim seperti sekarang Jakarta pasti banjir.

Mungkin benar ucapan itu. Yang membedakan adalah antisipasi menghadapi curah hujan ekstrim itu. Orang yang mau kerja dan tidak pasti beda hasilnya.

Orang yang pernah belajar Manajemen Risiko pasti tahu mitigasi risiko, mengurangi impak karena kejadian berisiko.

Menghadapi risiko paling baik adalah menghindari (avoid), mengurangi(mitigate) , transfer atau paling lemah accepted. Curah hujan ekstrim nggak bisa dihindari, nggak bisa dikurangi atau ditransfer. Ya bisanya diaccept dan disiapkan contingency plan. Yang bisa dikurangi adalah impaknya.

Caranya? Mengeduk lumpur sungai, memperlebar sungai, membersihkan rumah liar di bantaran sungai ( normalisasi), membersihkan sampah, membersihkan gorong-gorong, membangun waduk, memompa air ke laut, dst.

Accept bukan berarti pasrah. Accept berarti membiarkan curah hujan terjadi tapi mengatur aliran airnya. Risiko banjir akan diminimalisir. Mitigasi risiko bersifat antisipatif, proaktif bukan reaktif. Bukan banjir sudah terjadi baru menolong korban. Itu reaktif. Kurang cerdas, impaknya pasti lebih besar.

Pak menteri PUPR yang orang Teknik Sipil pasti sudah ngelotok ilmu Manajenen Risiko ini. Entah kalau Anies yang dari sospol.

Sebenarnya kalau menggunakan sedikit akal dan mau rendah hati, mitigasi risiko banjir bisa dilakukan sejak sebelum banjir terjadi. Anak buah Anies banyak. TUGPP banyak juga orang ITB, juga tahu. Banjirnya tetap terjadi tetapi impaknya yang dikurangi.

Kita nggak bisa melawan alam tapi kita bisa mengelola agar dampaknya bisa dikurangi.Manajemen Risiko adalah langkah antisipatif, proaktif bukan reaktif. Bukan sudah terjadi banjir baru ribut melakukan langkah mengatasi.

Sumber : Status Facebook Budi Santoso Purwokartiko

TAG TERKAIT :
Banjir Jakarta Anies Baswedan Jakarta Banjir Banjir Jabodetabek Jakarta Di Kepung Banjir Korban Banjir Jakarta Anies Lelet Tangani Banjir Jakarta

Berita Lainnya

Azan Petamburan

Opini 02/12/2020 14:00