Nasional

Pimpin Rapat Bahas Banjir, Menko PMK Minta Fasilitas Umum Segera Diperbaiki

Baharuddin Kamal - 07/01/2020 10:07

Beritacenter.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Muhadjir Effendy memimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri terkait penanganan bencana banjir di sejumlah wilayah yang ada di Indonesia. Rapat dijadwalkan akan dimulai pukul 09.00 WIB di Gedung Kemenko PMK, Jakarta Pusat.

Terlihat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. Muhadjir mengawali Rakor dengan menyampaikan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa keselamatan warga adalah prioritas.

"Mengenai hal ini presiden telah menginstruksikan, yaitu keselamatan warga dinomorsatukan," kata Muhadjir Effendy di kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2020).

Sejumlah menteri juga turut menghadiri Rakor ini, diantaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Muhadjir memberikan arahakan agar kesehatan dan pendidikan warga yang terdampak banjir diperhatikan.

"Tapi pelayanan dasar terhadap yang berdampak kita juga harus memberikan perhatian tentang masalah kesehatan, pangan, sandang, dan juga keberlangsungan belajar untuk para anak-anak yang terdampak," ungkapnya.

Muhadjir berharap, fasilitas umun yang rusak akibat bencana agar segera diperbaiki dan membangun sinergitas pemerintahan pusat dan pemerintah daerah.

"Merenovasi fasilitas umum, akselerasi kerjasama dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dalam penanganan bencana ini, kemudian yang keempat tentu masyarakat diimbau untuk tetap hati-hati dalam menghadapi bencana banjir," tutur Muhadjir.

Rapat ini juga dihadiri oleh pihak Polri, TNI, BMKG, Basarnas, hingga perwakilan BPBD terkait.

TAG TERKAIT :
Berita Center Rakor Tingkat Menteri Menko PMK Bahas Banjir

Berita Lainnya