Peristiwa

Longsor di Tasikmalaya, Satu Rumah Alami Rusak Berat

Dewi Sari - 09/01/2020 08:00

Beritacenter.COM - Peristiwa longsor terjadi pada Selasa (7/1) sore di wilayah Kampung Karangresik, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. Akibatnya, satu rumah mengalami rusak berat.

"Longsor terjadi saat saya sedang ada di belakang rumah. Saat itu hujan turun cukup deras dan tiba-tiba saja tembok penahan tanah yang beda di belakang rumah ambruk dan tiba-tiba juga longsor," ujar pemilik rumah Dian Darliana (45), Rabu (8/1).

Dian menuturkan kejadian itu mengakibatkan satu kamar tidur, kamar mandi, dan dapur ambruk tertarik longsor. Dia memastikan tidak ada korban jiwa atau pun luka dalam kejadian tersebut.

Dian bersama istri dan dua anaknya terpaksa mengungsi karena khawatir longsor susulan kembali terjadi, ditambah kondisi rumah saat ini sudah dianggap tidak layak ditinggali.

"Dari tadi malam tinggal di rumah mertua. Tapi saya semalam juga jagain rumah," kata dia.

Sementara itu, Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Harisman mengatakan, longsor di Kampung Karangresik, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, hanya satu rumah terdampak.

"Karena itu akibat dari robohnya TPT. BPBD sedang mengecek kelayakan TPT itu sebelum ambruk dan mengakibatkan tanah yang ditahan longsor ke bawah. Diduga longsor itu disebabkan oleh TPT yang sudah tidak kokoh, akibatnya TPT roboh terdampak hujan deras dan angin kencang," ujar dia.

TAG TERKAIT :
Longsor Berita Center Longsor di Tasikmalaya

Berita Lainnya