Internasional

Ungkap Kecurigaan, Trump Sebut Pesawat Ukraina Jatuh di Iran Bukan Soal Mekanis

Beberapa orang mengatakan itu mekanis. Saya pribadi tidak berpikir itu bahkan pertanyaan. Sesuatu yang sangat mengerikan terjadi

Aisyah Isyana - 10/01/2020 10:10

Beritacenter.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memiliki kecurigaan soal penyebab jatuhnya pesawat Ukraina di Iran. Dia menilai, pesawat milik Ukraina itu terbang di lingkungan yang cukup kasar dan semua orang bisa saja membuat kesalahan.

"Aku punya kecurigaan. Itu terbang di lingkungan yang cukup kasar dan seseorang bisa membuat kesalahan," kata Trump sebagaimana dilansir dari AFP, Jumat (10/1/2020).

Baca juga : 

Trump tak percaya jika pesawat itu jatuh lantaran adanya masalah mekanis. "Beberapa orang mengatakan itu mekanis. Saya pribadi tidak berpikir itu bahkan pertanyaan. Sesuatu yang sangat mengerikan terjadi," jelasnya.

Adapun pernyataan Trump itu mencuat ketika Newsweek, CBS dan CNN melaporkan bahwa pesawat itu secara tak sengaja ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Iran.

Sebagaiamana dilansir Associated Press, dua orang pejabat AS mengatakan sangat mungkin jika rudal anti-pesawat Iran telah membuat pesawat asal Ukraina jatuh dan berujung menewaskan 176 kru pesawat dan penumpang didalamnya.

Terlebih, kecelakaan itu terjadi beberapa jam setelah Iran melancarkan serangan rudah terhadap pangkalan militer Irak yang menampung pasukan AS. Iran melancarkan serangan itu sebagai balasan atas serangan pesawat tak berawak AS yang menewaskan Jenderal Garda Revolusi Iran pekan lalu.

Sementara itu, laporan pihak Iran menunjukkan jika keadaan darurat tiba-tiba melanda Boeing 737 yang dioperasikan Ukraina International Airlines yang jatuh beberapa menit usai lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini di Teheran. Iran menepis soal kabar yang menyebutkan jika pesawat itu jatuh karena rudal,

"Rumor-rumor soal pesawat itu sepenuhnya salah dan tidak ada pakar militer maupun pakar politik yang mengonfirmasinya," tegas juru bicara Angkatan Bersenjata Iran, Jenderal Abolfazi Shekarchi, seperti dikutip kantor berita Iran, Fars News Agency.

TAG TERKAIT :
Donald trump Iran Presiden Amerika Serikat Pesawat Ukraina Jatuh di Iran Rudal Iran

Berita Lainnya