News

TNI Pastikan Kapal China Tinggalkan ZEE Indonesia, NasDem Singgung Nyinyiran Fadli Zon

Aisyah Isyana - 10/01/2020 12:25

Beritacenter.COM - Kapal nelayan milik China terpantau mulai meninggalkan zona ekonomi ekslusif (ZEE) Indonesia tak lama usai kunjungan Presiden Jokowi ke Kabupaten Natuna. Partai NasDem menilai, China sudah mulai sadar jika Indonesia tak main-main soal masalah kedaulatan di laut Natuna.

"Artinya pemerintah China menghargai presiden republik Indonesia, kunjungan presiden ke Natuna adalah isyarat bahwa Indonesia tidak main-main dalam menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Ketua DPP NasDem, Irma Suryani Chaniago, Kamis (9/1/2020) malam.

Baca juga :

Irma pun menyinggung soal kritikan Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen DPR RI, Fadli Zon, soal kunjungan Jokowi ke Natuna. Irma menilai jika Jokowi memang tak pernah banyak bicara, namun keberaniannya dibuktikan dalam menegakkan kedaulatan Indonesia.

"Makanya Fadli Zon tidak perlu nyinyir sindir sana sini, karena Jokowi tidak banyak bicara tapi membuktikan keberaniannya. Meski China negara besar dengan alutsista yang kuat, tapi jangan lupa Indonesia pernah mengusir penjajah hanya dengan bambu runcing," tegasnya.

Untuk diketahui, TNI sebelumnya sempat menyatakan bahwa tak ada lagi nelayan China yang melakukan ilegal fishing di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia pascakunjungan Presiden Jokowi ke Kabupaten Natuna, Rabu (8/1) lalu. TNI menyebut kujungan Jokowi memberi pesan ke Beijing.

"Memang, berdasarkan pengamatan dari TNI AU melalui pengintaian udara, mereka artinya kapal-kapal China yang waktu itu melakukan illegal fishing, mereka sudah keluar dari ZEE kita pascakunjungan Bapak Presiden ke Natuna," kata Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/1).

"Saya kira kunjungan Bapak Presiden ke Natuna merupakan pesan dari pemerintah kita kepada Beijing," sambungnya.

TAG TERKAIT :
Fadli Zon Presiden Jokowi Natuna Irma Suryani Chaniago Konflik di Laut Natuna China Klaim Laut Natuna

Berita Lainnya