Nasional

Mensos Buka Posko Induk Penanggulangan Bencana di Jakarta

Lukman Salasi - 10/01/2020 13:59

BeritaCenter.COM - Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara mengatakan pihaknya terus siaga dalam penanggulangan bencana banjir yang terjadi. Kemensos juga membuka Posko Induk Penanggulangan Bencana di Gedung Cawang Kencana, Jakarta Timur.

Juliari hadir meninjau fasilitas dan logistik yang ada di Posko Induk Penanggulangan Bencana di Gedung Cawang Kencana, Jakarta Timur, Jumat (10/1/2020).

Juliari mengatakan curah hujan masih akan tinggi hingga sebulan ke depan. Dia mengungkapkan Kemensos akan tetap siaga selama musim penghujan.

"Kita tetap bersiap siaga karena memang curah hujan masih akan terus tinggi sampai sebulan ke depan sehingga walaupun kita berdoa tidak akan terjadi banjir-banjir besar beberapa hari kemudian, tapi tentu kita harus siap siaga," kata Juliari.

"Saya sudah memerintahkan sesuai instruksi presiden agar jajaran Kemensos siap siaga merespon segala kemungkinan-kemungkinan yang terjadi sehingga sekali lagi rakyat yang terdampak banjir bisa merasakan kehadiran negara di tengah-tengah kesulitan pata korban," ucap Juliari.

Dia menyampaikan posko yang berada di Gedung Cawang Kencana ini bersifat sementara. Posko ini akan terus berdiri hingga wilayah-wilayah sekitar yang terdampak bencana sudah tidak berstatus tanggap darurat.

"Sampai masa pemulihan sampai sudah dideklarasikan bahwa sudah masuk masa pemulihan oleh daerah daerah yang saat ini statusnya masih tanggap darurat. Selama masih tanggap darurat posko ini akan berdiri. Sebulan tanggap darurat, sebulan posko ini akan berdiri. Tiga bulan tanggap darurat, tiga bulan posko berdiri. Setaun tanggap darurat, setahun posko ini berdiri," ujarnya.

Juliari pun mengatakan posko induk ini hanya kontribusi kecil dari Kemensos dalam menanggulangi bencana. Dia juga mengatakan masyarakat dapat turut memberikan bantuan ke pokso yang terletak di Gedung Cawang Kencana ini.

"Apa yang kita lihat di sini hanya sebagian kecil dari kemampuan Kemensos di dalam menanggapi bencana. Memang ini kita gunakan sebagian posko induk juga untuk menampung apabila ada elemen dari masyarakat, LSM, BUMN, perusahaan yang ingin menitipkan bantuannya tapi tidak bisa menjangkau sampe ke daerah yang terdampak," tutur Juliari.

TAG TERKAIT :
Berita Center Mensos Posko Induk Penanggulangan Bencana Siaga Bencana Banjir

Berita Lainnya