News

Mahfud Md Soal Kapal China: Masih Melintas di Laut Natuna, Tapi Diluar ZEE

Perkembangannya, (kapal China) masih melintas tetapi sudah di luar zona ekonomi eksklusif (ZEE) kita

Aisyah Isyana - 14/01/2020 16:45

Beritacenter.COM - Menko Polhukam Mahfud Md membenarkan jika kapal ikan China masih melintas di sekitaran perairan Natuna. Kendati begitu, dia juga memastikan jika kapal-kapal itu berada di luar zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

"Perkembangannya, (kapal China) masih melintas tetapi sudah di luar zona ekonomi eksklusif (ZEE) kita," ujar Mahfud Md kepada wartawan di Kampus UII Yogyakarta, Jalan Kaliurang KM 14,5, Sleman, Selasa (14/1/2020).

Baca juga :

Dia juga menyebut kapal-kapal ikan China itu masih ada yang berupaya masuk ke perairan Nartuna, namun berhasil diusir ke luar zona. "Ada yang mencoba masuk, diusir. Sekarang di luar zona," terangnya.

Menyinggung soal kunjungan ke Natuna, Mahfud mengaku belum dapat menyampaikan agenda kunjungan akan membahas kondisi soal di Natuna atau tidak. Namun, dia menyebut kunjungan ke Natuna hanya kunjungan kerja biasa.

"Natuna kunjungan biasa, untuk program-program biasa seperti kunker ke Yogya, Makassar, Surabaya. Besok ke Natuna, tergantung ada apa. Kalau di sini ada seminar ya seminar, Natuna ada rapat dengan Pemda, ya rapat dengan Pemda," katanya.

Sebelumnya, TNI juga sempat menyatakan kondisi perairan Natunan sudah kondusif pasca kunjungan Jokowi beberapa waktu lalu. Pada Jumat (10/1) lalu, tiga kapal perang RI mengusir 30 kapal ikan asing yang masuk ke wilayah ZEE Indonesia.

TAG TERKAIT :
Menko Polhukam Mahfud MD Perairan Natuna Laut Natuna ZEE Indonesia Kapal Ikan China

Berita Lainnya