Nasional

Mantap...! Jokowi Akan Mereformasi Industri Keuangan Nonbank

Indah Pratiwi Budi - 20/01/2020 19:30

Beritacenter.COM - Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) menemukan indikasi tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi Jiwasraya. Bahkan, Jiwasraya disebut berpotensi merugikan keuangan negara Rp13,7 triliun per Agustus 2019.

Menanggapi hal tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan terbuka peluang untuk merevisi Undang-undang (UU) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal itu menyusul terkuaknya skandal PT Asuransi Jiwasraya.

“Bisa saja nanti uu (UU OJK) juga direvisi karena UU OJK itu di 2011. Sebelumnya, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (disingkat Bapepam-LK),” kata Jokowi di Istana Merdeka.

Menurut Jokowi, skandal Jiwasraya menjadi momentum baik untuk mereformasi industri keuangan nonbank, baik asuransi dan dana pensiun.

“Baik itu dari pengaturan, pengawasan, manajemen risiko, semuanya harus diperbaiki tetapi butuh waktu, tidak mungkin 1-2 tahun. Sisi modal juga sehingga muncul kepercayaan terhadap perusahaan asuransi kita (Indonesia),” ujarnya.

TAG TERKAIT :
Jokowi Joko Widodo Jiwasraya SBY Terlibat Kasus Jiwasraya Cikeas Terlibat Kasus Jiwasraya Korupsi Jiwasraya Jokowi Minta Kejagung Tuntaskan Kasus Jiwasraya

Berita Lainnya