Kriminal

Polisi Ciduk Pengoplos Elpiji 3 Kg ke Tabung 12 Kg di Pemalang

Lukman Salasi - 21/01/2020 11:03

BeritaCenter.COM – Praktik pengoplosan elpiji 3 kg ke tabung 12 kg berhasil dibongkar aparat kepolisian. Kasus ini terungkap berkat kecurigaan warga sekitar yang mencium bau menyengat setiap malam hari.

Lokasi pengoplosan berada di Dusun Kebonsari, Kelurahan Petarukan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Sabtu (18/1). Tempat pengoplosan yang digerebek polisi merupakan penjual gas eceran yang sudah berbisnis selama beberapa tahun.

"Perbandingan pengisiannya, empat tabung gas elpiji subsidi 3 kg (melon) dipindahkan ke dalam satu tabung gas elpigi 12 kg (non-subsidi)," ujar Kapolres Pemalang, AKBP Edy Suranta Sitepu kepada wartawan, Senin (20/1/2020).

Polisi mengamankan pemilik tempat usaha, IA (39) dan MKK (24) pegawai yang membantu pengoplosan. Dalam sehari, IA menyediakan 100 tabung gas melon (3kg). Dari 100 tabung gas melon itu, isi dari 60 tabung di antaranya dipindahkan ke 15 tabung gas 12 kg non-subsidi.

"Sisanya, 40 tabung gas (gas melon) dijual kepada konsumen tanpa dioplos," terangnya.

IA mengaku dirinya membeli isi tabung gas elpiji 3 kg dari agen PT Sinar Harapan Sejati dengan harga Rp 14,250 ribu per tabung. Setelah dioplos ke tabung 12 kg, dia jual dengan harga Rp 125 ribu.

"Jadi setiap harinya IA menjual 15 tabung gas 12 kilogram, sehingga keuntungan yang diraup setiap harinya sebesar Rp 705 ribu," ungkapnya.

Praktik tersebut, kata Edy, sudah dilakukan tersangka selama setahun. Selain mengamankan tersangka, polisi juga menyita 87 tabung gas elpiji melon dan 190 tabung gas 12 kg non-subsidi. Selain itu, ada juga alat pengoplosan berupa dua selang regulator, empat besi, tempat balok es dan kendaraan angkut berupa mobil pikup G 1676 PD yang disita sebagai barang bukti.

"Kita masih dalami lebih lanjut terkiat kasus ini. Nanti nunggu perkembangan selanjutnya," ucap Edy.

TAG TERKAIT :
Berita Center Elpiji 3 Kg Pemalang Polres Pemalang Pengoplos Elpiji 3 Kg Praktik Pengoplosan

Berita Lainnya