Kesehatan

Benarkan Soda Susu Bisa Bersihkan Paru-paru Perokok? Ini Penjelasannya..

Aisyah Isyana - 24/01/2020 03:33

Beritacenter.COM - Ada beberapa cara yang dipercayai banyak orang dapat membersihkan paru-paru untuk para perokok. Berberapa diantaranya dengan menggunakan minuman, yakni berupa soda susu yang disebut-sebut dapat membersihkan paru-paru perokok.

Benarkan soda susu dapat membersihkan paru-paru dazi zat-zat berbahaya sisa rokok. Adanya anggapan itu mendapat penolakan dari dokter spesialis paru Agus Dwi Susanto, sebagaimana dilansir healthliputan6.

"Sebenarnya itu mitos saja. Pada dasarnya mau minum soda, mau minum apa pun, kalau sudah punya sakit atau racun yang masuk ke dalam paru itu tidak bisa dibersihkan," kata Agus.

Menurutnya, hal terpenting yang dapat dilakukan untuk menghentikan faktor risikonya, yakni berhenti merokok. "Dengan berhenti merokok, bahan-bahan yang selama ini masuk juga berhenti. Tapi yang sudah masuk butuh waktu untuk dilepaskan," terangnya.

Dia menilai, tak ada ramuan, minuman atau bahan yang benar-benar dapat membersihkan paru-paru perokok. Agus menyebut organ itu dapat pulih dengaqn sendirinya, namun proses itu membutuhkan waktu.

"Beberapa minggu, beberapa tahun, itu baru bisa," ujarnya.

Meski begitu, hal itu akan kembali pada perokoknyua sendir. Dia mengatakan, jika perokok belum mengalami sakit, kandungan racun seperti karbondioksida bisa rilis dalam waktu 48 jam. Sementara untuk nikotin bisa bertahan hingga seminggu.

"Dengan berhenti saja secara teori. Terus kalau kita faktor risikonya polusi udara, ya hindari polusi udara. Jadi sejauh ini tidak ada," kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Jakarta ini.

TAG TERKAIT :
Kesehatan Rokok Perokok Asap Rokok Paru-paru

Berita Lainnya