Nasional

Erick Thohir Kritik Keras Rumah DP Rp 0: Itu Tidak Mendidik!

Lukman Salasi - 28/01/2020 16:20

BeritaCenter.COM – Menteri BUMN Erick Thohir memberikan kritikan keras terhadap penyedia hunian yang merapkan skema DP nol rupiah. Erick menilai hal itu tidak mendidik.

"Saya tidak setuju zero down payment, zero percent karena kenapa, itu tidak mendidik generasi muda kita menabung," kata Erick saat mengisi kuliah umum, Jakarta, Selasa (27/1/2020).

Erick juga khawatir, dengan DP 0% rumah itu tidak dibeli generasi muda namun trader.

"Jangan-jangan yang zero-zero itu bukan anak mudanya, trader diambil dijual lagi, kalau dia biasakan mencicil dia akan punya tanggung jawab, tapi akses cicilan 20-30 tahun dan cicilannya tidak memberatkan," sambungnya.

Program rumah DP Rp 0 sebelumnya dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan. Program tersebut merupakan janji kampanye anis saat mencalonkan diri sebagai Gubernur.

Adapun program penyediaan rumah yang dicanangkan pemerintah pusat bakal tetap memudahkan masyarakat memiliki rumah. Ia belum mau merinci bagaimana skemanya, hanya saja nantinya PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN tetap bakal jadi ujung tombak penyaluran KPR bagi milenial ini.

"Karena memang milenial sulit untuk mendapatkan rumah karena itu kita kasih easy akses," tegasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Erick Thohir Menteri BUMN Ruma DP Rp 0

Berita Lainnya