Opini

Warga Suruh Buat Lubang Resapan, Anies Malahan Buat KOLAM BETON Di MONAS

Indah Pratiwi Budi - 29/01/2020 12:30
Oleh : Dahono Basuki

Luas kolam (beton) 97 X 40 meter = 3.880 meter persegi. Itu setara dengan 3.880 jumlah rumah penduduk Jakarta yang bikin sumur serapan ukuran 1 x 1 meter


Hutan hijau kota dirubah jadi hutan beton :

Warga Jakarta dihimbau gubernur Anies untuk bikin lubang tangkapan air hujan dirumahnya masing masing, sementara Gubernur Anies merubah hutan kota sebagai tangkapan air hujan menebang 190 pohon yang sudah puluhan tahun dirubah menjadi kawasan yang dibeton sehingga air tidak dapat terserap ke tanah...


Dan yang lebih mengejutkan lagi revitalisasi Monas tidak punya ijin untuk membangunnya..


Jika 1 rumah warga bikin sumur serapan air hujan ukuran 1x1 meter maka luas kolam yang dibeton 97 X 40 meter = 3 880 meter.= 3.880 jumlah rumah penduduk yang bikin sumur serapan 1x1 meter.


Direktur PT Bahana Prima Nusantara selaku kontraktor revitalisasi Monumen Nasional (Monas), Muhidin Shaleh, mengaku bakal membangun kolam dan plaza (lapangan) di area yang dikerjakan. Dia menyebut pembuatan kolam dan plaza merupakan dua fokus pekerjaan yang digarap.


"Kolam itu nantinya akan memiliki luas 97 X 40 meter sekian. Jadi ukuran-ukuran lapangan bola lah," ujar Muhidin di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, dikutip dari Antara, Jumat (24/1/2020).


Revitalisasi Monas sebelumnya juga mendapat teguran dari Ketua DPR RI Puan Maharani dan DPRD DKI Jakarta.


Saat melakukan tinjauan, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan proyek revitalisasi monas melenceng dari konsep awal dari Pemprov DKI ketika proses penganggaran di DPRD DKI.


"Awalnya konsepnya kan memperbaiki, membuat bagus, menata, ini kan bukan menata, pohon dipotong-potong, dipindahkan," kata Prasetio, Senin


Ia mengaku kaget melihat situasi dan kondisi langsung di lapangan, sebab ada beberapa lokasi lahan yang dilapisi beton. Menurut dia, daerah Monas merupakan daerah ring satu yang menjadi daerah serapan, dan berdasarkan Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah DKI, monas adalah ruang hijau.


"Saya melihat kenapa ini bawahnya dibeton padahal ini adalah daerah serapan yang tidak boleh dibuat apa-apa. Kalau seperti ini pasti saya enggak akan kasih (anggaran)," kata dia.


"Ada satu pelanggaran fungsi awal, yang mungkin nanti saya akan panggil para pihak untuk menjelaskan ini, kalau tidak saya berhentikan," lanjut dia.

Sumber : Status Facebook Dahono Basuki

TAG TERKAIT :
Anies Baswedan Monas Gubernur terbodoh Anies Gubernur Terbodoh Anies Tebang Pohon Di Monas Gubernur Pembohong Revitalisasi Monas

Berita Lainnya

Melawan Pandemi

Opini 08/04/2020 16:20