News

Presiden Jokowi Resmikan Underpas Bandara Yogyakarta

Dewi Sari - 31/01/2020 20:04


Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan underpass Yogyakarata Internasional Airport (YIA). Underpass ini merupakan jalur terpanjang di Indonesia.

"Sore hari ini kita meresmikan terowongan terpanjang. Ini (panjangnya) 1,3 kilometer. Terowongan terpanjang di Indonesia yang juga salah satu dari keseluruhan proyek Yogyakarta International Airport," ungkap Jokowi, Jumat (31/1).

Jokowi berharap, pembangunan underpass juga dapat berdampak positif pada pariwisata di DIY dan sekitarnya. Sehingga ada peningkatan kunjungan wisatawan menuju Yogyakarta, Borobudur, Prambanan, dan sekitarnya.

"Tinggal kita nanti menyelesaikan layanan transportasi antarmoda yang interkoneksi sehingga masyarakat memiliki pilihan-pilihan. Ada opsi yang bisa dipilih dalam rangka pelayanan kepada turis dan masyarakat," tutur Jokowi.

Underpass YIA ini merupakan kontruksi dengan panjang 1.095 meter dan jalan pendekat antara timur dan barat dengan memiliki panjang mencapai 110 meter dan 100 meter. Sedangkan lebar lintas bawah adalah sebesar 7,85 meter, atas 5,2 meter, dan samping 18,4 meter.

Mantan Gubernur DKI itu mengapresisi karena telah membangun dalam waktu singkat yaitu 20 bulan. Menurutnya, itu belum sepenuhnya rampung 100 persen namun sementara ini dirinya merasa puas.

"Ini adalah pekerjaan besar dan dikerjakan dalam waktu singkat. Hanya 20 bulan saja membangun bangunan seluas 219 ribu meter persegi dan landasan 3.250 meter," ujar Jokowi.

Jokowi menerangkan YIA memiliki kapasitas penumpang 20 juta setiap tahunnya. Dengan jumlah itu, Jokowi berharap akan banyak wisatawan yang datang ke Indonesia utamanya DIY.

"Kehadiran YIA ini akan semakin mempercepat pelayanan di bandara. Terlebih trafic penumpang akan semakin padat dengan kapasitas bandara yang mencapai 20 juta," ungkap Jokowi.

"Kecepatan pelayanan dengan trafic penumpang yang semakin padat di YIA akan menjadi acuan bagi bandara lain. Kita inginkan semua bandara arahnya ke sana, dengan trafic penumpang dan penerbangan yang padat. Pelayanan dan servic yang cepat menjadi kunci," imbuh Jokowi.

 

TAG TERKAIT :
Jokowi Berita Center Jokowi Resmikan Bandara

Berita Lainnya