News

Gelar Patroli Skala Besar di Natuna, TNI-Polri Edukasi Masyarakat Soal Observasi WNI Wuhan

Aisyah Isyana - 02/02/2020 19:29

Beritacenter.COM - Patroli besar-besaran akan digelar aparat TNI-Polri di wilayah Natuna, Kepulauan Riau. Selain itu, edukasi terhadap masrakat terkait observasi yang dilakukan terhadap WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China, juga dilakukan aparat TNI-Polri.

"Patroli skala besar akan dilakukan personel TNI dan Polri. Pagi tadi kan Bapak Kapolda Kepri memberangkatkan 122 personel ke wilayah Natuna untuk memberikan penebalan dan melakukan kegiatan-kegiatan kepolisian di sana," kata Kabid Humas Polda Kepulauan Riau (Kepri) Kombes Harry Goldenhardt, Minggu (2/2/2020).

Baca juga :

Selain pengamanan di wilayah observasi, aparat TNI-Polri juga melakukan kegiatan patroli yang di isi dengan edukasi kepada masyarakat. "Jadi bukan hanya sekadar patroli, tapi patroli dengan edukasi (terkait observasi)," imbuhnya.

Terkait evakuasi WNI dari Wuhan, China, terkait virus corona, aksi unjuk rasa sempat digelar warga Natuna di dekat lokasi observasi WNI di Lanud Raden Sadjad Ranai. Massa membubarkan diri sekira pukul 14.15 WIB. Dalam hal ini, Harry mengimbau agar masyarakat Natuna memahami upaya pemerintah dalam melinduningi WNI sesuai SOP dari World Health Organization (WHO).

"Tentunya kita terus mengimbaua masyarakat dalam, kalaupun misalnya menyampaikan apirasi, sampaikanlah dengan damai, sejuk, sehingga nanti situasi tetap terjaga kondusif," jelasnya.

"Rekan-rekan kita, saudara kita yang saat ini berada di lokasi observasi juga ingin segera kembali bersama keluarganya, nggak mau juga lama-lama di sana. Mereka juga pasti rindu, ditunggu juga oleh keluarganya, dan mereka bukan musuh ibaratnya, kan gitu," sambungnya.

Oleh karenanya, aparat TNI-Polri juga melakukan dialog dengan warga Natuna yang menggelar aksi unjuk rasa. Dalam hal ini, Harry menyebut warga meminta jaminan agar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto terus memantau pelaksanaan observasi di Natuna.

"Mereka meminta jaminan dari pemrintah, kemudian juga meminta Menkes untuk bisa terus menerus memantau pelaksanaan observasi di sana," ujar Harry.

TAG TERKAIT :
Polda Kepri Virus Corona Wabah Virus Corona Evakuasi WNI WNI dari Wuhan Warga Natuna

Berita Lainnya