Politik

Gus Solah, Salah Satu Sosok Ulama yang Miliki Peran Aktif di Dunia Politik Indonesia

Tak hanya sebagai sosok yang dikenal dengan keluarga besar Ulama, KH. Salahuddin Wahid adalah salah satu sosok negarawan yang memiliki banyak jasa terhadap Indonesia.

Sari Intan Putri - 03/02/2020 16:57

Beritacenter.COM - Gus Solah yang merupakan adik kandung dari Gus Dur (Abdurrahman Wahid) telah menghembuskan nafas terakhir di usia 77 tahun. Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Seluruh warga Nahdlatul Ulama dan masyarakat Indonesia berbela sungkawa atas kepulangan beliau.

Tak hanya sebagai sosok yang dikenal dengan keluarga besar Ulama, KH. Salahuddin Wahid adalah salah satu sosok negarawan yang memiliki banyak jasa terhadap Indonesia.

Gus Solah adalah anak dari KH. Wahid Hasyim. Sedangkan KH. Wahid Hasyim sendiri adalah anak dari KH. Hasyim Azhari. Sang pendiri Nahdlatul Ulama dan juga salah satu tokoh pemersatu bangsa.

Gus Solah juga dikenal dengan salah satu tokoh yang peduli terhadap perkembangan politik di Indonesia. Pada tahun 1998 hingga tahun 1999, Gus Solah pernah duduk di kursi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Belum sampai disitu saja, Gus Solah kemudian dipercaya sebagai Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hingga 2004.

Gus Solah juga pernah menjadi Wakil Ketua Komnas HAM pada 2002-2007. Selama berkiprah di Komnas HAM, Gus Solah sempat memimpin TGPF (Tim Gabungan Pencari Fakta) untuk menyelidiki kasus Kerusuhan Mei 1998 (Januari-September 2003), kemudian Ketua Tim Penyelidik Ad Hoc Pelanggaran HAM Berat kasus Mei 1998, Ketua Tim Penyelidikan Kasus Pulau Buru, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya masih banyak lagi kiprah Gus Solah di dunia politik dan dunia Islam. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah beliau dan mengampuni semua dosa-dosa beliau. Aamiin.

TAG TERKAIT :
Politik Ulama Islam NU Nahdlatul Ulama Gus Solah

Berita Lainnya