Nasional

Saeful Sebut Sumber Dana Suap PAW dari Harun Masiku, KPK : Nanti Terbuka di Persidangan

Baharuddin Kamal - 05/02/2020 22:19
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Beritacenter.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjawab pernyataan dari tersangka suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR, Saeful, yang mengatakan bahwa sumber dana dalam kasus tersebut berasal dari Harun Masiku.

"Tentu materi-materi detailnya secara detail yang terkait dengan pemberian dan penerimaan uang itu seperti apa dan hubungannya, dengan siapa atau sumbernya dari siapa, jumlah pastinya berapa dan seterusnya tentu tidak bisa kami sampaikan saat ini, karena nanti itu akan terbuka dengan sendirinya di persidangan," ucap Plt Jubir KPK, Ali Fikri di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (5/2/2020).

Baca juga : 

Ali menjelaskan, kasus suap PAW ini tak lama lagi akan dilimpahkan ke tahap selanjutnya. Hal tersebut disebabkan salah satunya oleh batas waktu penahanan pelaku.

"Karena saya kira tidak terlalu lama karena penahanan untuk pemberi juga ada batasannya. Sehingga nanti ketika sudah persidangan nanti bisa diikuti bersama fakta-fakta berdasarkan berita acara pemeriksaan dari seluruh saksi yang sudah dilakukan pemeriksaan," tutur Ali.

Sebelumnya diketahui, tersangka kasus suap PAW, Saeful, hari ini diperiksa KPK sebagai saksi. Dalam keterangannya, Saeful mengaku bahwa semua uang suap dalam kasus tersebut berasal dari Harun Masiku.

"Semua dana dari Pak Harun," ucap Saeful setelah diperiksa di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (5/2/2020).

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan 4 orang tersangka diantaranya yakni Wahyu Setiawan, Agustiani Tio Fridelina, Saeful, dan Harun Masiku.

Wahyu dijerat saat menjabat Komisioner KPU, sedangkan Agustiani disebut sebagai orang kepercayaan Wahyu yang juga merupakan mantan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Lalu, Saeful hanya disebut KPK sebagai swasta dan Harun adalah kader PDIP.

TAG TERKAIT :
KPK Berita Center Harun Masiku PAW

Berita Lainnya