Nasional

Ini Tujuan Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan Timur

Baharuddin Kamal - 06/02/2020 23:53
Presiden Joko Widodo.

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberitahu konsep ibu kota baru ke sejumlah pengurus DPP Partai Bulan Bintang (PBB) periode 2019-2024. Dia juga menjelaskan dasar dari ide untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur.

"Saya ingin memberikan sebuah gambaran mengenai ibu kota baru. Negara lain misalnya Amerika memiliki New York dan Washington DC Australia juga memiliki Sydney dan canberra. kuala lumpur juga memiliki kuala Lumpur dan Putra Jaya," kata Jokowi, di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Menurut Jokowi, sudah sejak lama Indonesia merencanakan pemindahan ibu kota. Dia mengatakan, presiden RI pertama pun sudah ingin memindahkan ibu kota ke Palangkaraya. Tetapi hal tersebut belum terlaksana karena banyak problem-problem di negara ini.

Salah satu hal penting dalam pemindahan ibu kota negara, kata dia, yakni dasar hukum. Pemerintah dalam waktu dekat, akan menyerahkan draft Undang-Undang IKN ke DPR.

"Insyaallah dalam bulan ini juga draf undang-undangnya juga akan kami sampaikan kepada DPR RI," ujarnya.

Tujuan Jokowi memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur dikarenakan kondisi tanah Jawa, khususnya Jakarta sudah mengalami kepadatan. Tidak hanya dari segi penduduk, namun Jawa juga mendominasi ekonomi di Indonesia.

"Coba dibayangkan kita memiliki 17.000 pulau di Indonesia tetapi di jawa saja yang tinggal di Jawa saja itu 54 persen penduduknya. 54 persen penduduk Indonesia ada di Jawa 149 juta," ucapnya.

"Kemudian yang namanya GDP ekonomi pergerakan ekonomi itu 58 persen itu ada di pulau Jawa. khususnya di Jakarta sehingga pemerataan nya akan sangat sulit kalau itu kita teruskan," tambahnya.

Jokowi berharap pemindahan ibu kota ini dapat membuat Indonesia memiliki dua magnet ekonomi.

"Ketika di negara lain punya dua magnet besar, kita juga ingin semuanya tidak bertumpu di Pulau Jawa Tetapi ada juga pulau yang lain sehingga saya dukung di pulau jawa ini tidak terlalu terbebani," terangnya.

Untuk memberikan gambaran utuh kepada peserta, maka diputarkan video tentang desain ibu kota baru. Konsep desain yang diputar, yakni Nagari Rimba Nusa, pemenang sayembara desain ibu kota baru. Jokowi tampak antusias menjelaskan desain tersebut.

"Ini kira-kira gambaran ibu kota baru kita. Ibu kota hijau green city (kota hijau) sangat hijau, green city, akan banyak pejalan kaki dan orang bersepeda. Sesedikit mungkin mobil dan banyak menggunakan transportasi massal," jelas dia.

"Kita ingin menginstal sistem dibuka baru sehingga nantinya yang kita miliki adalah sebuah cara kerja baru sistem baru yang berjalan dan saya harapkan cara kerja kita lebih cepat dan tentu saja akan menjadi contoh bagi kota-kota yang lain yang ada di negara-negara di luar kita," tandasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Presiden Joko Widodo Ibu kota Ibu Kota Baru Ibu Kota Pindah

Berita Lainnya