News

Sedot Banjir di Underpass Kemayoran, Petugas: Kedalanya Cuma Satu, Sampah!

Aisyah Isyana - 09/02/2020 12:12

Beritacenter.COM - Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Jakarta belakangan ini, berimbas terjadinya banjir dibeberapa wilayah. Salah satunya di underpass Kemayoran, dimana genangan banjir di wilayah itu sempat mencapai 5 meter lebih.

Penyedotan terhadap air banjir di underpass Kemayoran masih terus dilakukan petugas gabungan. Dikatakan Kepala Peleton Pemadam Kebakaran (Damkar) Sektor Sawah Besar, Baidillah Effendi, menyebut sampah menjadi faktor utama kendala penyedotan air banjir.

Baca juga : 

"Kendala paling menyulitkan itu cuma satu yaitu sampah. Karena menghambat perjalanan sirkulasinya air ke pompa, itu kendalanya," Kata Baidillah di lokasi, Minggu (9/2/2020).

Selain itu, medan atau kondisi jalan yang cukup curam dan melengkung di underpass, juga menjadi penyebab air banjir menggenangi wilayah itu. Genangan juga disebabkan drainase yang ada belum bekerja dengan baik, hingga berimas terjadinya genangan banjir.

"Ini cukup curam turunnya, terlalu curam sehingga akses air untuk masuk ke sini (underpass) itu kemungkinan besar ada. Kemungkinan di sana drainasenya belum baik dan sebagainya menurut saya begitu," Ujar Baidillah.

Guna menyedot genangan air banjir di underpass kemayoran, 10 unit pompan dikerahkan. "Dari pemadam 4 unit, kemudian dari Kementerian PUPR 5 unit, kemudian dari angkatan laut 1 unit. total semua 10," tuturnya.

Baidillah meyakini pompa-pompa itu dapat mengatasi genangan yang terjadi di lokasi. "Bisa mengatasi, karena sudah di awal satu Januari sudah kita coba 10 unit dan bisa mengatasi," jelasnya.

Sementara itu, pantauan dilokasi genangan air banjir yang tengah disedot petugas, ada satu unit truk sampah dan satu unit gerobak motor pengangkut sampah. Sampah-sampah itu berasal dari genangan banjir yang sempat menyulitkan petugas melakukan penyedotan air.

TAG TERKAIT :
Banjir Jakarta Jakarta Banjir Banjir Underpass Kemayoran

Berita Lainnya