Peristiwa

Cegah Banjir, BPBD DKI Jakarta Minta Masyarakat Lakukan Ini...

Baharuddin Kamal - 10/02/2020 12:33
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menghimbau masyarakat agar selalu menjaga kebersihan sebagai bentuk antisipasi mencegah banjir. Terutama pada daerah-daerah yang menjadi langganan banjir.

"Kita koordinasi terus dengan kelurahan rawan banjir terkait edukasi untuk masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah di kali atau saluran air yang dapat menyebabkan penyumbatan saluran air," kata Kepala BPBD DKI, Subejo, Senin (10/2/2020).

Subejo menjelaskan, pihaknya akan mengoprasikan sistem peringatan dini (Disaster Early Warning System) saat pintu air berstatus siaga.

"Memantau tinggi muka air dari DSDA setiap 1 jam dan menginformasikan kepada masyarakat melaui media sosial (website, Intagram, Facebook dan Twitter) per 3 jam sekali, serta mengirimkan SMS blast ke masyarakat yang berada di wilayah potensi banjir apabila sudah Siaga 2 dan 1," ujarnya.

Dia juga mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air untuk memastikan kesiapan pompa air guna menyedot genangan banjir.

"Koordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air terkait kesiapan dan keberfungsian pompa-pompa stasioner dan mobile," ucapnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center BPBD DKI Jakarta Hujan Deras Hujan Jakarta

Berita Lainnya