Internasional

Resmi Beri Nama Virus Corona, WHO: Nama untuk Penyakit Ini 'Covid-19'

Aisyah Isyana - 12/02/2020 04:34

Beritacenter.COM - Wabah virus Corona diketahui telah menewaskan 1.018 korban jiwa. WHO selaku organisasi kesehatan duni resmi memberikan nama kepada virus yang meneror China tersebut. Virus yang pertama kali teridentifikasi di China Desember lalu itu dinamai Covid-19.

"Kami sekarang memiliki nama untuk penyakit ini dan itu Covid-19," kata ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan di Jenewa, seperti dikutip AFP, Selasa (11/2/2020).

Baca juga :

Penamaan Covid-19 itu disebut Tedros diambil dari singkatan 'Co' untuk Corona, 'Vi' untuk virus, dan 'D' untuk penyakit (disease). Dia menyebut pemilihan nama itu guna menghindari referensi ke lokasi geografis tertentu, spesies hewan, ataupun sekelompok orang.

Adapun penamaan yang dilakukan berdasarkan rekomendasi internasional itu dilakukan guna menghindari stigmatisasi.

Sebelumnya, WHO sempat menamakan virus Corona itu dengan nama sementara, yakni '2019-nCoV'. Sementara Komisi Kesehatan Nasional China minggu ini mengatakan sementara waktu menyebut virus itu dengan nama 'novel coronavirus pneumonia' (NCP).

Sementara itu, Tedros dalam konferensi ilmiah internasional di Jenewa, mengungkap peluang realistis untuk menghentikan wabah corona.

"Kami bukannya tidak berdaya. Kita harus menggunakan jendela peluang saat ini untuk memukul keras dan berdiri bersama untuk melawan virus ini di setiap sudut. Jika tidak, kita bisa memiliki lebih banyak kasus dan biaya yang jauh lebih tinggi di tangan kita," katanya.

TAG TERKAIT :
China WHO Virus Corona Wabah Virus Corona Covid-19

Berita Lainnya