Internasional

Ada Banyak Staf Medis dan Dokter di China Terpapar Corona

Indah Pratiwi - 12/02/2020 10:38

Beritacenter.COM - Ada sebanyak 500 orang staf medis dan dokter di Wuhan, China terpapar virus corona yang memicu keprihatinan di dunia para medis. Mereka kini mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

Dilansir South China Morning Post, pemerintah China berupaya menyemangati para dokter dan staf yang terkena virus corona. Namun, mereka tidak mengungkap nama-nama staf yang terkena virus corona.

"Ini sebabnya kami sangat membutuhkan bantuan lebih banyak lagi terutama soal obat-obatan dan pakaian pelindung. Kami sudah terlalu banyak menyaksikan rekan-rekan kami jatuh sakit karena tidak mengenakan alat perlindungan yang memadai," kata seorang dokter di Wuhan yang enggan ditulis namanya, Rabu(12/2/2020).

Menurut dokter spesialis telinga dan hidung tenggerokan(THT) Yu Changping, mereka mengakui terkena virus corona setelah mengalami demam selama 14 hari. Dan beberapa rekannya dikarantina tiga hari kemudian.

"Virus itu sangat mudah menyebar. Kami tidak punya pengetahuan yang memadai untuk memahami perilaku virus itu," kata Yu.

Saat ini, jumlah tenaga medis terus berjatuhan yang terkena virus corona. Pemerintah China sendiri telah mengirim bantuan untuk menangani virus tersebut.

"Alasan dokter dan perawat banyak terkena virus corona karena sehari-hari berkutat dengan pasien yang terinfeksi, bahkan dengan pakaian pelindung mereka tetap bisa terkena karena tidak sengaja melakukan kontak. Peluang para tenaga medis terkena virus itu dalam jumlah besar sangat memungkinkan karena kondisi tubuh mereka kelelahan," kata pakar epidemiologi dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Columbia, Ian Lipkin.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya