Internasional

Kapal Pesiar AS Akhirnya Bersandar Setelah Ditolak 5 Negara, WHO Puji Kamboja

Anas Baidowi - 13/02/2020 19:17

Beritacenter.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memuji negara Kamboja karena memperbolehkan kapal pesiar MS Westerdam berlabuh. Menurut WHO keputusan Kamboja adalah bentuk solidaritas.

Kapal pesiar MS Westerdam milik Holland America Line dan berbasis di Amerika Serikat. Kapal tersebut berangkat dari Hong Kong pada 1 Februari dengan 1.455 penumpang dan 802 kru kapal.

Sebelum berlabuh di Kamboja, kapal MS Westerdam sempat ditolak lima negara karena kekhawatiran terhadap virus corona.

Baca Juga: Begini Penjelasan Kemenkes Soal WN China Positif Corona Usai dari Bali

Pimpinan WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memberikan pujian terhadap Kamboja. Ia mengatakan Keputusannya adalah contoh solidaritas internasional.

Tim kesehatan secara teratur melakukan pemeriksaan terhadap penumpang kapal. Dan hingga saat ini tidak ditemukan adanya kasus penularan virus corona.

Pada Kamis dini hari, kapal tersebut berhasil bersandar di Kota Pelabuhan Sihanoukville yang sebelumnya ditolak di Thailand, Taiwan, Guam, Filipina dan Jepang.

Baca Juga: Ingat! Pasien Corona yang Sudah Sembuh Bisa Terinfeksi Lagi

Kapal itu berlabih di luar Sihanoukville untuk memungkinkan pihak berwenang melakukan pemeriksaan kesehatan di atas kapal. Kemudian, para penumpang diperbolehkan pulang ke negara asal.

Kedubes AS di Kamboja kabarnya telah mengirimkan tim perwakilan untuk membantu proses perjalanan pulang warga mereka.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Virus Corona Kapal Pesiar Kapal Pesiar AS

Berita Lainnya