Opini

Ini Dia Surat Al Quran Jika Dihafal Bisa Terhindar dari Dajjal

Indah Pratiwi - 14/02/2020 07:15

Beritacenter.COM - Dajjal merupakan manusia kafir yang banyak diceritakan di dalam beberapa hadits. Dajjal merupakan momok bagi semua umat manusia lantaran fitnahnya dan setiap geraknya untuk menguji keimanan orang-orang beriman.

Apabila Dajjal telah keluar, ia akan mengelilingi seluruh penjuru bumi selama 40 hari. Kecuali dua kota suci yakni Mekkah dan Madinah lantaran mendapat penjagaan ketat dari para tentara malaikat.

Menurut Dr Muhammad Ahmad Almubayyadh yang dikutip Ensiklopedia Akhir Zaman, dajjal akan keluar selama 40 hari. Hari pertama serasa seperti setahun, hari kedua serasa sebulan, hari ketiga serasa seperti seminggu dan hari berikutnya seperti hari biasa.

Dajjal akan mengumpulkan pengikutnya sebanyak-banyaknya dari semua golongan umat. Orang-orang yang mengukitnya akan mendapatkan kenikmatan dunia, negeri-negeri yang mengikutinya akan menjadi lahan yang subur. Akan tetapi, apabila sebaliknya, dajjal akan membunuh orang-orang beriman dan negeri-negeri yang memusuhinya akan menjadi tandus, kering dan gersang.

Untuk melindungi diri dari fitnah dan pertemuan dengan dajjal, Rasulullah SAW telah menganjurkan kepada umatnya agar dapat menghafal surat Al Quran Al Kahfi setidaknya 10 ayat pertama. Hal ini sesuai hadits Rasulullah SAW.

Dari Abu Darda’ radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, niscaya dia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal. Dan di dalam riwayat lain disebutkan: “(sepuluh ayat terakhir) dari surat Al-Kahfi.”(HR. Muslim I/555 no.809, Ahmad V/196 no.21760, Ibnu Hibban III/366 no.786, Al-Hakim II/399 no.3391, dan Al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman V/453 no.2344).

 

Wallahu A'lam Bishawab

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya

Melawan Pandemi

Opini 08/04/2020 16:20