News

Jauh Ungguli Anies Soal Banjir, Ahok: Dari Zaman Belanda Ada Desainnya, Ikut Aturan Saja

Saya kira kita kan hanya mengikuti aturan yang ada ya. DKI dari zaman Belanda sudah ada desainnya, tanggul 1.300 saluran dihubungin, ada Cengkareng Drain, ada Banjir Kanal Barat, ada Banjir Kanal Timur, ada Cakung Drain. Seluruh tanggul mesti beres

Aisyah Isyana - 17/02/2020 18:41

Beritacenter.COM - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, dinilai lebih unggul dalam hal mengatasi banjir ketimbang Joko Widodo (Jokowi) dan Anies Baswedan. Penilaian itu merupakan hasil survei dari Indo Barometer.

Saat ditanya soal hasil survei itu, Ahok menyebut kunci suksesnya mengatasi banjir hanya dengan mengikuti aturan. "Saya kira kita kan hanya mengikuti aturan yang ada ya," kata Ahok di Kantor Tempo Jalan Palmerah Barat, Grogol Timur, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

Baca juga : Gubernur DKI Paling Cakap Atasi Banjir? Hasil Survei: Ahok Juaranya, Anies Paling Payah

Sejak zaman Belanda, jelas Ahok, wilayah DKI Jakarta sudah ada disainnya. Untuk itu, sangat penting untuk terus menjaga seluruh sungai dan saluran penghubung guna mengatas banjir. Ahok menyebut sungai itu mesti terus menerus dikeruk.

"DKI dari zaman Belanda sudah ada desainnya, tanggul 1.300 saluran dihubungin, ada Cengkareng Drain, ada Banjir Kanal Barat, ada Banjir Kanal Timur, ada Cakung Drain. Seluruh tanggul mesti beres, mesti pasang pompa. Pompa masih aktif, pengerukan sungai mesti dilakukan terus menerus, 1.300 penghubung saluran mesti terjaga kami tunjukin," jelasnya.

Dia menyebut hal itu sudah dianjurkan sejak dulu, dari zaman Belanda. "Itu ya nggak ada yang aneh. Karena itu bukan dari saya. Itu memang dari PU pusat, dari Belanda udah begitu konsultannya," sambungnya.

Untuk diketahui, Ahok menempati posisi teratas sebagai figur pemimpin daerah yang paling berhasil mengatasi banjir, mengungguli Jokowi diposisi kedua dan Anies Baswedan diposisi terakhir dengan persetase paling kecil. Penilaian itu berdasarkan hasil survei Indo Barometer.

"Gubernur Jakarta yang dianggap paling berhasil adalah Basuki Tjahaja Purnama sebesar 42 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Ksatria Arya Wira Room, Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Minggu (16/2).

Dengan menggunakan metode multistage random sampling, survei itu diikuti 1200 responden dan digelar pada 9-15 Januar 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar 2,83 persen.

Berikut hasil survei Indo Barometer soal permasalahan Jakarta:

Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah banjir:
1. Basuki Tjahaja Purnama (42%)
2. Joko Widodo (25%)
3. Anies Baswedan (4,1%).

Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah kemacetan:
1. Basuki Tjahaja Purnama (35,3%)
2. Joko Widodo (25,3%)
3. Anies Baswedan (8,3%).

Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah pendidikan:
1. Joko Widodo (35,1%)
2. Anies Baswedan (25,3%)
3. Basuki Tjahaja Purnama (15,3%)

Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah kesehatan:
1. Joko Widodo (35,7%)
2. Anies Baswedan (20,4%)
3. Basuki Tjahaja Purnama (17,8%)

Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah ekonomi:
1. Joko Widodo (33,8%)
2. Basuki Tjahaja Purnama (18,4%)
3. Anies Baswedan (18%)

TAG TERKAIT :
Ahok Basuki Tjahaja Purnama Anies Baswedan Indo Barometer Gubernur Paling Cakap Atasi Banjir

Berita Lainnya