News

Aliansi Jurnalis Indonesia Tolak Omnibus Law

Indah Pratiwi - 19/02/2020 03:10

Beritacenter.COM - Kebijakan omnibus law dinilai akan merevisi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 yang akan mengekang kebebasan pers dan mendapatkan kritikan keras dari Aliansi Jurnalis Indonesia(AJI).

"Ini kan UU ini untuk mempermudah, kok malah mau mengekang kebebasan pers, itu tidak boleh," kata Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (18/2/2020).

Meski demikian, Mahfud mempersilakan masyarakat untuk ikut bersama membahas jika ada penolakan dari poin-poin tersebut bersama pemerintah dan DPR. "Pokoknya begini, kita memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk membahas dan tidak boleh pengekangan terhadap kebebasan pers," ujarnya.

"Saya sudah bicara dengan Dewan Pers, silakan sampaikan ke DPR mana-mana yang isinya tidak disetujui. Kalau itu soal setuju tidak setuju dibahas ke DPR," katanya.

Sebelumnya, Ketua AJI Abdul Manan menegaskan ada beberapa pasal yang ditolak olehnya diantaranya Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers yang akan diubah, yakni terkait modal asing dan ketentuan pidana.

Yang kedua, kata dia, Pada Pasal 11 UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers semula dinyatakan bahwa 'penambahan modal asing pada perusahaan pers dilakukan melalui pasar modal'.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya