Nasional

Meski Ada Virus Corona, Presiden Jokowi Yakin Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh 5,3%

Lukman Salasi - 20/02/2020 15:36

BeritaCenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyadari kondisi ekonomi global saat ini kurang baik. Penyebabnya karena adanya perang dagang hinga wabah virus Corona yang mematikan.

Hal ini tidak menyurutkan keyakinan dan optimisme Jokowi bahwa perekonomian Indonesia bisa bertahan dari gejolak ekonomi global tersebu. Dia juga yakin target pertumbuhan ekonomi tahun ini 5,3% bisa tercapai.

"Iya memang sekarang ini ekonomi global pada posisi yang kurang baik. Kita tahu ada penyebab perang dagang kemudian virus corona dan juga di kawasan-kawasan yang lain juga sama kondisinya tidak mendukung untuk tumbuhnya ekonomi global untuk naik ke yang lebih baik," kata Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2020 di Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Virus Corona sendiri sudah melumpuhkan aktivitas perdagangan di China. Sementara Indonesia menjalin hubungan dagang dengan China. Alhasil aktivitas perdagangan RI juga bisa terganggu.

"Karena pasarnya semuanya turun nggak mungkin kita ingin menaikkan ekspor itu nggak mungkin. Karena pasarnya juga turun. Oleh sebab itu satu-satunya jalan untuk meningkatkan mendorong pertumbuhan ekonomi hanya satu investasi," ujarnya.

Namun Jokowi masih yakin ekonomi Indonesia masih bisa diselamatkan. Dia pastikan target tersebut masih masuk akal, sekalipun dalam keadaan seperti saat ini. Asalkan investasi bisa didorong dengan target Rp 900 triliun.

"Masuk akal kalau target investasi yang kita berikan kepada BKPM tercapai yaitu Rp 900 triliun," ucapnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Presiden Jokowi Pertumbuhan Ekonomi RI Wabah Virus Corona Kondisi Ekonomi Global

Berita Lainnya