Nasional

Pemerintah Akan Evakuasi WNI dari Kapal Pesiar Jepang

Lukman Salasi - 21/02/2020 11:32

BeritaCenter.COM – Pemerintah tengah mengkaji rencana evakuasi WNI yang negatif virus Corona dari kapal pesiar Diamond Princess yang berada di Jepang. Keputusan evakuasi kini berada di tangan Presiden Jokowi.

"Kita sudah sampaikan opsi ke bapak presiden dan presiden akan mempertimbangkan 1-2 hari ini keputusan di tangan beliau, saya yakin presiden akan mempertimbangkan dengan jernih seperti pengalaman saat kita bimbang evakuasi dari Wuhan, beliaulah yang membuat keputusan terakhir," kata Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy usai menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020).

Saat ini, ada 74 dari 78 WNI yang negatif Corona. Namun, jika pun dievaluasi ke Indonesia, mereka tetap menjalani observasi.

"Sehat dalam tanda petik, artinya tetap harus ada observasi, bahkan mungkin akan beda perlakuannya dibanding Wuhan," ujar Muhadjir.

Muhadjir dan pejabat terkait sudah menyampaikan beberapa opsi lokasi observasi. Salah satunya di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

"Kemungkinan, tadi kami sudah mengajukan beberapa opsi kepada bapak presiden dan masih akan dipertimbangkan," kata Muhadjir saat ditanya soal kemungkinan memakai Natuna sebagai lokasi observasi.

TAG TERKAIT :
Berita Center Presiden Jokowi Rencana Evakuasi WNI WNI di Kapal Pesiar Jepang

Berita Lainnya