Nasional

Puasnya Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi

Lukman Salasi - 24/02/2020 12:02

BeritaCenter.COM – Masyarakat dinilai puas atas kinerja pemerintahan Jokow-Ma’ruf Amin. Berdasarkan hasil survei terbaru Politika Research Consulting (PRC) menunjukan 61,4 persen masyarakat puas dengan 100 hari pemerintahan Jokowi.

Hasil survei menunjukan ada beberapa aspek yang mendominasi kepuasan masyarakat, yakni infrastruktur (76,6 persen), pembangunan SDM (86,1 persen), penanggulangan bencana (64,1 persen). Selain itu ada tiga kartu keluaran Jokowi yang juga menjadi aspek kepuasan masyarakat, yakni kartu prakerja (76,5 persen), kartu Indonesia pintar kuliah (86,6 persen), dan kartu sembako murah (86,8 persen).

Survei juga menunjukan ada dua kebijakan yang tidak disukai oleh masyarakat. Kebijakan tersebut yakni rencana pencabutan subsidi listrik (72,6 persen) dan pengalihan subsidi LPG (60,5 persen).

Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo mengatakan ada temuan menarik terkait 33 persen jumlah masyarakat yang tidak puas. Dia menyebut mereka yang tidak puas berasal dari wilayah yang bukan basis pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Data itu menunjukkan bahwa residu Pilpres 2019 masih cukup terasa pada wilayah-wilayah itu. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf ke depan," kata Prayogo kepada wartawan di Hotel Gren Alia, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2/2020).

Survei ini dilaksanakan oleh PRC sejak Awal Februari 2020. Survei ini menggunakan metodologi multistage random sampling dengan mewawancarai 2.197 responden yang tersebar di 220 desa atau kelurahan seluruh Indonesia dan margin of error sebesar 2,13 persen.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kinerja Jokowi Kepuasan Masyarakat Hasil Survei PRC

Berita Lainnya