Nasional

Ma'ruf Amin ke Ikatan Pelajar NU: Jaga NKRI dari Radikalisme dan Intoleran

Lukman Salasi - 24/02/2020 16:05

BeritaCenter.COM - Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) diminta menjaga Indonesia dari pemahaman radikalisme dan intoleran. Pemahaman tersebut dinilai sangat membayakan dan jadi penyebab lahir dan tumbuhnya terorisme di Indonesia.

"Tugas kalian sekarang ke depan adalah menjaga negara ini dari pemahaman yang tidak sesuai yang diinginkan NU," kata Wapres Ma'ruf Amin dalam sambutannya di Harlah IPNU ke-66 di Gor Soemantri, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Minggu (23/2/2020).

"Oleh karena itu, kita tidak boleh membiarkan berkembangnya cara berpikir dan cara bersikap yang intoleran, yang kemudian melahirkan sikap radialisme dan selanjutnya bisa menimbulkan lahirnya terorisme," lanjutnya.

Ma’ruf juga meminta IPNU tidak membiarkan cara berfikir suatu kelompok yang ingin selalu benar dan menganggap kelompok lain sesat serta kafir.

"Kelompok yang benar hanya golongan saja, yang lain tidak benar dan yang lain sesat bahkan yang lain kafir dan ini akan melahirkan kelompok takfirun," jelas dia.

Tujuan menjaga dari pemahaman itu, menurut Ketum MUI nonaktif tersebut, agar Indonesia tetap rukun dan damai. Di Indonesia, ia berharap seluruh pihak bisa mengembangkan cara berfikir toleransi.

"Maka itu kita harus mengembangkan cara berfikir yang toleran, jangan sampai berkembang narasi yang intoleran, narasi kebencian, narasi konflik dalam menyampaikan ajaran agama," ujar dia.

TAG TERKAIT :
Berita Center Ma'ruf Amin Jaga NKRI Harlah IPNU Bahaya Radikalisme dan Intoleransi

Berita Lainnya