Nasional

Anak dan Istri Eks Sekretaris MA Kembali Mangkir dari Panggilan KPK

Baharuddin Kamal - 24/02/2020 22:35
Gedung KPK.

Beritacenter.COM - Istri mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, Tin Zuraida dan anak Nurhadi, Rizqi Aulia Rahmi mangkir dari pemeriksaan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hingga malam ini, KPK tidak memperoleh alasan ketidakhadiran para saksi tersebut.

Selain Tin dan Rizqi, tiga saksi lainnya dalam kasus suap dan gratifikasi penanganan perkara di MA ini juga tak datang. Ketiga saksi itu yakni Lusi Indriati, istri dari tersangka Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto, dan dua pihak swasta Ferdy Ardian dan Andi Darma.

"Penyidik belum memperoleh konfirmasi terkait ketidakhadirannya," ucap Plt Jubir KPK, Ali Fikri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (24/2/2020).

Ali berharap agar Tin Zuraida serta para saksi lainnya kooperatif memenuhi panggilan pemeriksaan. Ali Fikri memastikan, tim lembaga antirasuah telah mengirimkan surat kepada para saksi secara patut.

"Kami tetap berharap agar saksi ini tetap kooperatif ya, kami menunggu tetap kehadiran dari para saksi sebelum penyidik bertindak sesuai dengan hukum acara yang berlaku," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Nurhadi dan menantunya Rezky diduga menerima suap dan gratifikasi dengan total Rp46 miliar terkait pengurusan perkara di MA tahun 2011-2016.

Tercatat ada tiga perkara sumber suap dan gratifikasi Nurhadi, pertama perkara perdata PT MIT vs PT Kawasan Berikat Nusantara, kedua sengketa saham di PT MIT, dan ketiga gratifikasi terkait dengan sejumlah perkara di pengadilan.

Diketahui Rezky selaku menantu Nurhadi diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto untuk mengurus perkara itu. Cek itu diterima saat mengurus perkara PT MIT vs PT KBN.

TAG TERKAIT :
KPK Berita Center Nurhadi Suap Perkara MA

Berita Lainnya