News

BPBD DKI: Banjir Genangi 10,74% RW di Jakarta, Cawang Mencapai 2 Meter

Aisyah Isyana - 25/02/2020 15:17

Beritacenter.COM - Hujan yang mengguyur Jakarta belakangan ini, berimbas banjir yang menggenangi sejumlah wilayah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut banjir menggenangi 10 persen wilayah Jakarta.

"Hingga pukul 12.00 WIB, terdapat 294 RW atau 10,74% RW di DKI Jakarta dengan ketinggian banjir maksimal 200 cm yang terjadi di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur," ucap Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Mohammad Insaf, Selasa (25/2/2020).

Baca juga :

Insaf mengatakan, banjir yang menggenangi 10 persen wilayah Jakarta itui terjadi lantaran curah hujan yang tinggi belakangan ini. Tingginya curah hujan itu mengakibatkan beberapa pintu air mengalami kenaikan status siaga.

"Curah hujan sangat lebat hingga ekstrem yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dengan curah hujan tertinggi yang terukur oleh stasiun BMKG sebesar 278 mm/hari di Stasiun Meteorologi Kemayoran, sehingga menyebabkan beberapa pintu air mengalami kenaikan status siaga dan sungai meluap," jelasnya.

Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta, mengakibatkan ribuan masyarakat terpaksa mengungsi. Banjir itu membuat korban terdampak mengungsi ke 40 lokasi pengungsian yang ada di Jakarta.

"Total Pengungsi: 973 KK, 3.565 jiwa yang berada di 40 lokasi pengungsi," kata Insaf.

TAG TERKAIT :
Banjir Jakarta Bencana Alam BMKG BPBD DKI Jakarta Hujan Lebat di Jakarta

Berita Lainnya