News

RSCM Kebanjiran Lagi, Komisi IX: Pompa Air Hanya 2-3, Padahal Kebutuhan Saat Ini 10!

Aisyah Isyana - 25/02/2020 17:33

Beritacenter.COM - Banjir kembali menggenangi area Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), pagi tadi. Tak hanya karena tingginya curah hujan, banjir yang terjadi di RSCM juga disebabkan lantaran kurang memadainya jumlah alat pompa air yang dimiliki RSCM.

"Kami melihat kondisi bahwa RSCM ini untuk persoalan banjir, ternyata yang namanya pompa air hanya dua atau tiga (unit, red). Padahal kebutuhannya sekarang ini kondisinya 10," ungkap Wakit Ketua Komisi IX DPR, Nihayatul Wafiroh di RSCM, Selasa (25/2/2020).

Baca juga : 

Dia juga sempat bertanya ke pihak RSCM soal banjir langkah yang diambil dalam menangani banjir yang terjadi. Menurutnya, RSCM disebut telah memiliki SOP saat menanggapi bencana, hanya saja RSCM tak pernah menyangka jika banjir tahun ini akan separah itu.

"Kami tanyakan juga tentang adakah SOP untuk melakukan tindakan-tindakan ketika ada bencana seperti ini. Mereka sudah punya SOP, tapi tidak pernah menbayangkan (banjir, red) ini akan sebesar sekarang ini," ujar Nihayatul.

Menanggapi hal itu, Nihayatul meminta agar RSCM segera memikirkan solusi jangka pendek soal penangan banjir. Hal itu guna mengatisipasi banjir yang terjadi kedepannya, saat hujan deras kembali mengguyur. Untuk itu, dia meminta agar RSCM melengkapi peralatan untuk mitigasi dalam menanggapi bencana.

"Hal yang pertama kami minta membikin planning untuk exit planning-nya, untuk yang jangka pendek ini. Kebutuhannya pompa air berapa, kalau butuh 10 ya kita sediakan 10. Blower berapa, kita sediain sekarang. Itu yang kita mau tidak mau harus kita lakukan," kata Nihayatul.

"Yang kedua adalah planning jangka menengah dan jangka panjangnya. Kita melihat RSCM ini sudah 100 tahun. Jadi antara gedung dengan gedung yang lainnya mungkin semuanya tidak ter-connect, ter-planning dengan baik sehingga banyak sekali kebutuhan-kebutuhan yang tidak bisa dilakukan RSCM pelayanannya," sambung politikus PKB ini.

Untuk diketahui, rombangan Komisi IX DPR melakukan kunjungan ke RSCM, sekira pukul 10.43 WIB, Selasa (25/2/2020). Rombongan sekira 30-an orang itu menggunakan dua bus dan mobil dinas serta pribadi ke RSCM.

Setibanya di RSCM, rombongan Komisi IX DPR langsung menuju bagian Gedung Radiologi yang kembali kebanjiran tadi pagi. Dimana hujan deras yang terjadi sejak kemarin malam hingga pagi, membuat area dekat Gedung Radiologi kembali tergenang banjir, sekira pukul 05.00 WIB.

TAG TERKAIT :
Banjir Jakarta RSCM Kebanjiran Banjir RSCM Komisi IX DPR

Berita Lainnya