Internasional

Arab Saudi Stop Pelaksaan Umrah Karena Virus Corona

Anas Baidowi - 27/02/2020 09:18

Beritacenter.COM - Kerajaan Arab Saudi memutuskan untuk menangguhkan pelaksanaan ibadah umrah jamaah asing. Keputusan itu diumumkan Kementerian Luar Negeri setempat demi mencegah penyebaran virus corona baru, Kamis (27/2/2020).

Dalam hal ini, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengklaim otoritas kesehatan di negaranya sudah mengikuti perkembangan penyebaran wabah virus corona baru dan sudah mengadopsi beberap tindakan, termasuk mencegah penjalanan ke dan dari Kerajaan Arab Saudi.

Baca Juga: Viral!! Jackie Chan Tertular Virus Korona Usai Menghadiri Pesta Ini

Mengutip kantor berita negara Arab Saudi, SPA. Arab Saudi melalui otoritas kesehatan telah bertekad dalam memerangi penyebaran virus corona baru, dengan menerapkan standar internasional, dan mendukung upaya negara dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Demi mencapai tujuan itu, dan memastikan itngkat keamanan tertinggi bagi penduduk di Kerajaan, otoritas Saudi sudah merekomendasikan tindakan pencegahan demi mencegah virus corona masuk ke Kerajaan."

Kerajaan telah memutuskan untuk mengimplementasikan sejumlah tindakan, yakni;

1. Masuk ke Kerajaan untuk tujuan umrah dan/atau mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah untuk sementara waktu ditangguhkan.

2. Masuk ke Kerajaan dengan visa turis dari negara-negara dengan wabah virus Corona yang dikonfirmasi, sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan Saudi, untuk sementara ditangguhkan.

3. Penggunaan kartu identitas nasional (bukan paspor) untuk perjalanan ke dan dari Kerajaan ditangguhkan. Pengecualian akan diizinkan untuk warga negara Saudi yang meninggalkan Arab Saudi dengan menggunakan kartu identitas nasional mereka, atau warga negara-negara Dewan Kerjasama Teluk yang ingin kembali dari Arab Saudi setelah memasukkan dengan kartu identitas nasional mereka.

Baca Juga : DPR Ingatkan Anies Soal Banjir Jakarta: Bukan Masalah Naturalisasi, Tapi Tak Ada Kerjanisasi

"Dalam kasus luar biasa ini, masuk ke Kerajaan melalui kartu identitas nasional, pihak berwenang akan mempertimbangkan negara mana yang dikunjungi individu sebelumnya, dan menerapkan prosedur kesehatan yang relevan," lanjut SPA.

Keputusan ini diterapkan Arab bersifat sementara dan akan terus dievaluasi oleh otoritas terkait.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Arab Saudi Umrah Virus Corona Stop Umrah

Berita Lainnya