News

Sejumlah Kecamatan di Boyolali Diguyur Hujan Abu Serta Pasir Gunung Merapi

Baharuddin Kamal - 03/03/2020 09:39
Pengendara yang terpapar hujan abu Merapi.

Beritacenter.COM - Beberapa wilayah kecamatan di Boyolali dilaporkan diguyur hujan abu, sebagian bercampur pasir akibat letusan Gunung Merapi tadi pagi.

"Iya, ada 7 kecamatan di Boyolali, turun hujan abu," kata Kabid Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, ditemui saat memantau kondisi hujan abu di Desa Sangup, Kecamatan Tamansari, Selasa (3/3/2020).

Kurniawan menerangkan, wilayah yang mengalami hujan abu yakni Kecamatan Musuk, Tamansari, Cepogo, Boyolali Kota, Mojosongo, Teras, Banyudono dan Sawit.

Dia juga mengatakan, hujan abu bercampur pasir terjadi di Desa Cluntang dan Sruni di Kecamatan Musuk serta Desa Mriyan, Desa Sangup diKecamatan Tamansari. Kondisi pasirnya pun cukup tebal.

"Sampai saat ini belum ada pengungsian," jelas Kurniawan.

BPBD telah membagikan masker kepada warga di wilayah terdampak hujan abu.

Sementara itu Kalakhar BPBD Boyolali, Bambang Sinungharjo, mengimbau kepada warga yang berada di radius 5 km dari puncak merapi untuk tidak panik. Tidak terpancing berita hoax.

"Saat keluar rumah warga diimbau untuk menggunakan masker dan penutup kepala. Bagi pengguna kendaraan di untuk dapat berhati-hati dan mengenakan APD supaya tertap terlindungi dari abu vulkanik. Selain itu jalan juga licin," tutupnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Boyolali Gunung Merapi Erupsi Gunung Merapi Hujan Abu Gunung Merapi

Berita Lainnya