Ekonomi

Wabah Virus Corona, Bulog Pastikan Stok Bahan Pokok Aman

Dewi Sari - 03/03/2020 13:43

Beritacenter.COM - Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso menegaskan bahwa bahan pokok masih aman dan tidak perlu panik mengenai adanya dua orang warga depok terjangkit virus corona.

"Tak perlu panik. Untuk apa kita menumpuk makanan, di Bulog banyak," kata Budi usai meninjau Gudang Bulog Gedebage, Kota Bandung, Selasa (3/3/2020).

Buwas sapaan akrabnya mengatakan saat Bulog memilki kesediaan pangan yang cukup melimpah seperti beras, minyak goreng, tepung terigu dan lainnya. . Stok tersebut berada di gudang-gudang Bulog yang ada di Indonesia. Masyarakat, kata dia, bisa mendapatkan semua kebutuhan itu di Rumah Pangan Kita (RPK) atau market place terkemuka.

Selain itu, menurutnya BUMN lain terkait pangan pun sudah melakukan kesiapan yang sama. "BUMN pangan lainnya sudah siap. Masyarakat enggak usah takut, khawatir," katanya.

Untuk beras, Buwas -sapaan akrab Dirut Bulog- meyakinkan dalam kondisi aman. Hitungan terlahir, stok beras mencapai 1,7 juta ton di seluruh Indonesia. Ketersediaan beras inipun menurutnya akan kembali bertambah seiring memasukinya masa panen di sejumlah daerah mulai April ini.

Bulog sudah menyiapkan strategi untuk menstabilitasi harga beras dengan membuat Program KPSH (Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga) Beras Medium. Adapun realisasi pelaksanaan KPSH sejak Januari sampai dengan tanggal 02 Maret 2020 sebesar 50.000 ton.

“Kegiatan KPSH kami laksanakan setiap hari secara masif melalui pengecer di pasar tradisional, retail modern, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK), sinergi BUMN serta distributor sehingga mampu menahan laju kenaikan harga beras hampir selama tahun 2019," tegas Budi.

 

TAG TERKAIT :
BULOG Berita Center Beras Bulog Virus Corona Virus Corona di Indonesia Virus Corona Masuk Indonesia

Berita Lainnya