Internasional

Terbaru! Total 11 Orang di AS Meninggal Akibat Virus Corona

Lukman Salasi - 05/03/2020 15:50

BeritaCenter.COM – Otoritas federal Amerika Serikat (AS) melaporkan sebanyak 11 orang meninggal akibat virus Corona. Sebuah panti jompo di negara bagian Washinton dianggap menjadi asal dari sebagian besar korban meninggal.

Dilansir Associated Press, Kamis (5/3/2020), otoritas Placer County, dekat Sacramento, California, mengumumkan bahwa seorang pasien lanjut usia (lansia) yang dinyatakan positif virus Corona, setelah kembali dari perjalanan kapal pesiar dari San Francisco ke Meksiko, telah meninggal dunia.

Disebutkan bahwa pasien lansia itu memiliki masalah kesehatan lainnya saat dinyatakan positif virus Corona. Ini menjadi kematian pertama akibat virus Corona di negara bagian California.

Sekitar 10 orang lainnya dilaporkan meninggal dunia di negara bagian Washington. Kebanyakan korban meninggal diketahui merupakan penghuni panti jompo Life Care Center yang terletak di Kirkland, sebelah timur Seattle, Washington.

Sejauh ini sedikitnya 39 kasus virus Corona terkonfirmasi di wilayah Seattle, dengan para peneliti memperkirakan virus ini telah menyebar tanpa terdeteksi selama berminggu-minggu.

Kepala Federal Pusat untuk Medicare dan Layanan Medicaid, Seema Verma, menyatakan pihaknya mengirimkan tim pemeriksa, bersama para pakar dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), ke Life Care Center untuk melakukan penyelidikan terhadap apa yang sebenarnya terjadi.

Tim pemeriksa juga akan menyelidiki apakah panti jompo itu telah mengikuti panduan yang diberikan dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona.

Gubernur California, Gavin Newsom, baru saja mengumumkan penetapan masa darurat negara bagian. Ini berarti California bergabung dengan negara bagian Washington dalam menetapkan masa darurat terkait virus Corona. Penetapan masa darurat dimaksudkan untuk membantu pengerahan sumber daya dalam upaya-upaya mencegah penyebaran virus Corona secara luas.

Secara total, menurut CDC, sudah 158 orang terinfeksi virus Corona di AS. Dari jumlah tersebut, seperti dilansir CNN, sebanyak 49 orang di antaranya merupakan orang-orang yang dipulangkan dari luar negeri, terutama dari Wuhan, China dan dari kapal pesiar Diamond Princess yang sempat dikarantina di Jepang.

Sebanyak 109 orang lainnya yang dinyatakan positif virus Corona, dilaporkan tersebar di 14 negara bagian. CDC tidak menyebut jumlah pasti pasien virus Corona yang dinyatakan sembuh.

TAG TERKAIT :
Berita Center Korban Meninggal Virus Corona di AS Otoritas Federal AS

Berita Lainnya