Keuangan

Pemerintah Khawatirkan Anjloknya Minyak Mentah Dunia

Indah Pratiwi - 10/03/2020 03:11

Beritacenter.COM - Anjloknya harga minyak mentah dunia membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara(APBN) terganggu lantaran turunya harga tersebut. Saat ini pemerintah masih memantau situasi harga minyak apakah berpotensi turun terus atau mengalami kenaikan.

"Tentu kita harus pantau lebih lanjut seberapa permanen atau seberapa lama dia di tingkat rendah, seberapa cepat naik. Kita lihat, tentu ada faktor yang membuat dia di bawah," kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di kantornya, Jakarta, Senin(9/3/2020).

Anjloknya minyak dunia, kata dia, akibat gagalnya kesepakatan antaran produksi minyak antar negara-negara di dunia. Tapi, kata dia, hal ini belum tentu membuat harga minyak dunia terus anjlok.

"Ini kita katakan sebagai hasil diskusi OPEC Plus, yang buat dia tetap di bawah tapi kita juga lihat misalkan perkembangan kondisi ekonomi sudah mulai meningkat. Lalu, nanti kita lihat Tiongkok kegiatan ekonomi mulai jalan, ada tambahan permintaan," jelasnya.

"Tentu, seperti yang kita ketahui semua, di APBN kita itu memiliki fleksibilitas. Namun, benar bahwa dengan lihat kondisi ekonomi dunia sekarang, kita musti berjaga-jaga dan pemerintah berikan seperangkat stimulus kepada dunia usaha, untuk mendorong kegiatan ekonomi," tambahnya.

Berita Lainnya