Nasional

Jokowi Terima Keris Pangeran Diponegoro dari Raja dan Ratu Belanda

Baharuddin Kamal - 10/03/2020 14:29
Presiden Jokowi Sambut Raja dan Ratu Belanda.

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dihadiahi sebilah keris milik Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro saat melangsungkan pertemuan dengan Raja Belanda Willem Alexander. Keris itu diserahkan langsung oleh Raja Willem di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat.

Dari pantauan di lokasi, Raja Willem datang bersama Ratu Belanda, Maxima ke Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat pada Selasa (10/3/2020). Benda pusaka yang selama ini tersimpan rapih di Belanda itu diserahkan usai Raja Willem dan Jokowi memberikan keterangan pers.

"Keris Pangeran Diponegoro diserahkan oleh Raja Belanda Willem Alexander kepada Presiden @jokowi dalam kunjungan hari ini di Istana Bogor #diplomasi #budayabangsa," tulis Sekretariat Kabinet Pramono Anung dalam akun instagramnya.

Keris yang terlihat indah dengan sarung yang berwarna emas dan gagang berwarna coklat. Keris itu terbungkus rapi dalam sebuah kotak kaca saat diserahkan Raja Willem ke Jokowi.

Sebelum dikembalikan ke Indonesia, sejumlah ahli sejarah telah melakukan penelitian untuk memastikan kepemilikan keris tersebut.

Perlu diketahui, keris itu jatuh ke tangan Belanda saat Pangeran Diponegoro perang besar pada 1825-1830. Indonesia dan Belanda mempunyai sejarah panjang. Negara Kincir Angin itu pernah menjajah Indonesia selama tiga abad atau 300 tahun lamanya.

TAG TERKAIT :
Jokowi Berita Center Presiden Joko Widodo Belanda Keris Pangeran Diponegoro

Berita Lainnya