News

Lindungi Tenaga Medis yang Rawat Pasien Corona, IDI Sampaikan Masukan ke Gugus Tugas

Kita mau rapat untuk mengetahui detail masalah itu dan akan memberikan masukan ke pemerintah dalam hal ini Gugus Tugas bagaimana caranya supaya tenaga medis itu mendapatkan perlindungan dalam melaksanakan tugas merawat pasien COVID-19

Aisyah Isyana - 15/03/2020 12:45

Beritacenter.COM - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyampaikan saran dan masukan mereka bagi tenaga medis guna meningkatkan perlindungan saat menangani pasien positif Corona (Covid-19).

"Kita mau rapat untuk mengetahui detail masalah itu dan akan memberikan masukan ke pemerintah dalam hal ini Gugus Tugas bagaimana caranya supaya tenaga medis itu mendapatkan perlindungan dalam melaksanakan tugas merawat pasien COVID-19," kata Ketua Umum Pengurus Besar (PB) IDI, Daeng Mohammad Faqih, Sabtu (14/3/2020) malam.

Baca juga :

IDI sendiri mengaku telah memberikan imbauan agar tenanga medis lebih berhati-hati dan memakai alat perlindungan diri saat menangani pasien virus Corona. Daeng juga meminta agar para petugas medis senantiasa kesehatan dan kebersihan.

"Kami sebenarnya imbau itu sudah lama, tanggal 2 Maret 2020 begitu ada yang pertama itu, Januari kami sudah mengimbau untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Kemudian tanggal 2 karena terindikasi ada dua penderita yang positif, kami mengingatkan lagi, malah spesifik kami meminta seluruh tenaga medis dalam memberikan perawatan apa pun, bukan hanya untuk COVID, perawatan pada pasien sudah harus berhati-hati memakai alat pelindung diri," ujar Daeng.

Daeng mengatakan, tenanga medis juga terkadang tak mengetahui pasti apakah pasien yang mereka tangani sudah terjangkit Corona atau belum. Untuk itu, alat perlindungan diri sangat penting bagi tenaga medis untuk mencegah penyebaran virus.

"Karena kan kadang-kadang nggak tahu tuh sebelum diperiksa bahwa yang diperiksa sudah (positif). Untuk antisipasi itu, kita sudah mengarahkan, memerintahkan, menyerukan supaya memakai alat pelindung diri semua tenaga medis," ucap Daeng.

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebelumnya mengungkap soal adanya tenaga medis yang terpapar virus Covid-19. Penularan itu terjadi saat tenanga medis menangani pasien virus Corona.

"Tenaga medis yang terjangkit ada," kata juru bicara pemerintah dalam penanganan COVID-19, Ahmad Yurianto, di gedung BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (14/3).

TAG TERKAIT :
IDI Virus Corona Virus Corona di Indonesia Covid-19 Corona Indonesia Pandemi COVID-19 Gugus Tugas Covid-19

Berita Lainnya