Politik

Begini Arah Politik AHY Saat Gantikan SBY di Pucuk Partai Demokrat

Indah Pratiwi - 17/03/2020 16:51

Beritacenter.COM - Susilo Bambang Yudhoyono(SBY) kini digantikan oleh putranya Agus Harimurti Yudhoyono(AHY) yang menjabat Ketua Umum Partai Demokrat saat pemilihan aklamasi dalam kongres, Minggu(15/3) kemarin.

Menurut pengamat politik Adi Prayitno menyebutkan, apabila dilihat dari pengalaman sebenarnya posisi AHY saat ini memimpin partai berlambang mersi itu berada di posisi tengah atau non-blok.

"Tidak oposisi, tidak juga (gabung) ke pemerintah. Dia ingin jadi penyeimbang antara koalisi dan oposisi. Kalau Pemerintah lagi bagus dia puji, kalau tidak dia kritik," kata dia, Senin (16/3/2020).

Politik yang diambil AHY, kata dia, berada di tengah ketika mantan ketua umum Demokrat SBY juga demikian. Namun, kehadiran AHY akan merubah percaturan politik nasional dimana saat partai Gerindra bergabung ke koalisi pemerintah.

"Karena banyak orang yang kritis, anti-pemerintah dan kelompok yang dulu ingin ganti Presiden ini belum dapat muara politiknya," tutur dia.

Namun, jika Demokrat berani menjadi oposisi maka partai tersebut akan mendapat keuntungan elektoral yang sangat banyak.

"PKS dianggap bukan sebagai tempat untuk menyalurkan itu. Kalau Demokrat muncul sebagai oposisi sejati, saya kira secara intens akan jauh lebih menguntungkan. Itu melihat suasana batin masyarakat banyak yang berharap Demokrat itu menjadi oposisi sejati," ujarnya

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya