Kriminal

Sebar Hoaks Terkait Corona, Pemuda di Makassar Ditangkap Polisi

Baharuddin Kamal - 19/03/2020 23:33
Ilustrasi.
FOKUS : Polisi

Beritacenter.COM - Polisi menangkap seorang buruh bangunan bernama Agussalim (19) karena diduga telah menyebarkan berita bohong (hoaks) terkait virus corona atau COVID-19 di media sosial. Pelaku diamankan di rumahnya, Kelurahan Amparita, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sidrap, Kamis (19/3/2020).

"Benar, pada pengungkapan pelaku kami di-backup unit Resmob Sidrap dan berhasil mengamankan pelaku di rumahnya Kabupaten Sidrap," ungkap Kasat Reskrim Polres Parepare Iptu Asian Sihombing.

Asian menjelaskan, tersangka ditangkap lantaran mengunggah konten yang berjudul 'Tiga Orang Positif Corona di Sulawesi Selatan' di akun YouTube miliknya.

Vidio tersebut sempat viral di media sosial dan telah ditonton oleh puluhan ribu orang. Setelah ditelusuri, video itu diambil di RSUD Andi Makkasau dengan konteks yang berbeda.

"Pelaku dilaporkan oleh pihak RSUD Andi Makkasau karena menimbulkan keresahan dan kepanikan, karena faktanya tidak seperti itu," jelasnya.

Dari pengakuan tersangka, lanjut Asian, dia menunggah vidio tersebut usai mendapatkan informasi yang belum diketahui kebenarannya.

"Saya hanya meneruskan info yang beredar, karena katanya seperti itu, saya juga tidak tahu kalau meng-upload video tersebut kita bisa kena hukum," kata pria tamatan SD ini.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 45 A UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara atau denda maksimal Rp 1 miliar.

TAG TERKAIT :
POLISI Berita Kriminal Indonesia Berita Center Berita Hoaks Virus Corona di Indonesia Hoaks Corona

Berita Lainnya