Internasional

Rusia Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19 ke Hewan

Anas Baidowi - 20/03/2020 15:22

Beritacenter.COM - Rusia mulai melakukan pengujian prototipe vaksin potensial untuk mengatasi covid-19 pada hewan. Pengujian dilakukan pada hewan di labolatorium Siberia.

Sejauh ini Rusia dilaporkan memiliki kasus lebih sedikit yakni 199 kasus dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Namun belakangan terakhir angkanya semakin meningkat dan satu orang yang diagnosis virus corona telah meninggal.

Regulator kesehatan konsumen Rusia pada Jumat (20/3/2020) mengatakan, para ilmuwan di Pusat Virologi dan Bioteknologi Negara, Vektor di Kota Novosibirsk telah mengembangkan prototipe vaksin berdasarkan enam platform teknologi yang berbeda dan memulai tes pada Senin (16/3/2020) untuk mencoba mengetahui seberapa efektif vaksin-vaksin itu dan dalam dosis apa dapat diatur.

Para ilmuwan di seluruh dunia telah memperingatkan bahwa pengembangan vaksin adalah proses yang panjang dan rumit yang mungkin hanya menghasilkan sesuatu untuk penggunaan yang lebih luas dalam 12-18 bulan ke depan.

"Paling sering, tikus laboratorium digunakan untuk penelitian semacam itu, musang, primata rendah dan garis khusus hewan laboratorium juga digunakan," kata regulator Rusia, Rospotrebnadzor menjawab pertanyaan, sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (20/3/2020).

Para ilmuwan berharap dapat mulai meluncurkan vaksin itu dalam tiga bulan terakhir 2020, tambahnya.

TAG TERKAIT :
Rusia Berita Kriminal Indonesia Berita Center Vaksin Corona

Berita Lainnya