Opini

Corona Itu "Diturunkan" Agar Manusia Memikirkan Sesama

Indah Pratiwi Budi - 31/03/2020 15:10
Oleh : Lantip Wicaksono

Bagi seorang muslim pasti tahu bahwa disetiap musibah pasti ada hikmah. Atau bila dianggap ujian, Allah tidak akan menguji hambanya sesuai dengan kemampuan hambanya. Artinya kemunculan Covid 19 ini memiliki makna atau hikmah sangat besar atau ujian bagi kita bagaimana menghadapinya. Barangkali manusia sudah mengandalkan teknologi maupun modernisasi beragam alat sehingga seakan semua akan baik-baik saja. Bahkan seluruh dunia berpikir atau melandaskan kemajuan pada indikator ekonomi.

Rupanya baru diuji dengan Pandemi Corona, semua sudah rontok dan kalang kabut. Hampir semua pertumbuhan ekonomi negara didunia minus. Pun teknologi tak lagi mampu memecahkan obat untuk melawan Corona hingga bulan ketiga berjalan. Kemajuan ilmu pengetahuan tak mampu menjawab apa yang harus dilakukan.

Lihat saja beragam reaksi negara menghadapi Corona, ada yang lockdown, social distancing, penutupan sebagian wilayah dan lain sebagainya ternyata korban tetap berjatuhan. Amerika yang memiliki gengsi tinggi bahkan bertekuk lutut dan meminta bantuan korea selatan maupun China untuk meminta bantuan. Mereka juga rontok tak berdaya menghadapi Sars versi 2 ini. Padahal virus ini katanya telah dijinakkan saat melanda sebelumnya bernama Sars. Ternyata juga kedodoran menghadapinya.

Indonesia sendiri bagaimana? Diakui atau tidak, masuknya Corona ke Indonesia sudah lewat media Februari sehingga ada banyak hal yang dilakukan. Sebagian menyatakan korban banyak namun relatif sudah banyak kesiapan yang dilakukan.

Lihat saja saat ini, berbeda dengan negara lain meski sikap masyarakat Indonesia tidak semua sama namun solidaritas terbangun dimana-mana. Budaya gotong royong, bahu membahu, memberi bantuan, donasi dan banyak gerakan sosial muncul dari berbagai kalangan. Tentu saja yang gerakan partai politik malah sama sekali tidak terlihat. Justru mayoritas muncul gerakan yang ada di masyarakat. Bentuknya beragam, tidak selalu materi namun dukungan barang, makanan, masker, hand sanitizer hingga sumbangan tenaga.

Gerakan-gerakan macam ini tidak dijumpai di negara lain. Mungkin ada namun tidak semasif di Indonesia. Hikmah terbesar yang bisa diambil dari musibah ini, banyak masyarakat yang memikirkan sesamanya. Bahkan banyak teman-teman saya kepikiran pedagang kecil, bakul pasar, ojek online, dan beragam profesi rakyat kecil lain.

Mereka yang dirumahkan atau work from home bukan malah keasyikan berkumpul dengan keluarga, menikmati hidup, menghabiskan uang, atau pamer kenyamanan, mereka banyak bergerak mengorganisir rekannya memberi bantuan. Mereka saling membantu meski tak kenal, walaupun tak dipublish di sosial media, atau berlalu begitu saja. Memang tidak ada yang menjamin wabah ini sampai kapan tapi percayalah Indonesia bisa menghadapi dan melalui ini semua dengan baik. Ya tetap saja ada yang masih tidak terima dengan berbagai hal yang berkembang di masyarakat. Itu hal yang wajar dan normal karena memang polemik selalu ada.

Energi-energi positif inilah yang harus terus digelorakan sebab berdasar berbagai analisa kedokteran, hal terpenting melawan wabah ya kondisi psikis. Orang-orang yang memiliki tingkat bertahan atau kemampuan ekonomi lebih harus memikirkan sesama dan membuat masyarakat kecil tenang. Percayalah, ini bukan kali pertama Indonesia menghadapi ujian besar dan bangsa ini selalu berhasil melewati dengan baik.

Tanamkanlah keyakinan bahwa kita semua selalu bisa melaluinya dengan lancar. Setidaknya sebagai pembanding, meski jumlah suspect Corona di Indonesia terus bertambah namun setidaknya pertambahan yang meninggal dunia relatif tidak besar seperti di Eropa atau negara lain. Memang pernah mencatat jumlah yang cukup signifikan namun hanya 1-2 saja. Ini menandakan bahwa kita semua sedang bekerja, berpacu, bersama-sama berjalan melawan pandemi Corona. Bukan hanya dokter, perawat atau tenaga medis tapi bangsa ini semua sedang melawannya.

Jangan pernah takut

TAG TERKAIT :
Cegah Penyebaran Corona Indonesia Lawan Corona Indonesia Bisa Lawan Corona Bersatu Lawan Corona Indonesia Bersatu Lawan Corona Indonesia Siap Lawan Corona Indonesia Pasti Bisa Lawan Corona Mari Bersatu Lawan Corona Ayo Lawan Covid-19 Ayo Bersatu Lawan Corona Kita Bisa Basmi Corona

Berita Lainnya